IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU di MAN 1 PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG

ROHMA, BINA (2023) IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU di MAN 1 PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROHMA BINA 1811030415 MPI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pada inisiatif individual, toleransi resiko, pengawasan, pola komunikasi dan dukungan manajemen dalam meningkatkan kinerja guru, maka hal ini perlu diperhatikan di MAN 1 Pesisir barat dimana dalam menunjang aktivitas operasional sekolah maka salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh sekolah itu sendiri. Inisiatif individual, toleransi resiko, pengawasan, pola komunikasi dan dukungan manajemen pada umumnya merupakan pernyataan filosofis, dapat difungsikan sebagai tuntutan yang mengikat para pendidik karena dapat diformulasikan secara formal dalam berbagai peraturan dan ketentuan organisasi. Sebagai suatu acuan bagi ketentuan atau peraturan yang berlaku, maka tenaga pendidik maupun kependidikan secara tidak langsung akan terikat sehingga dapat membentuk sikap dan perilaku sesuai dengan visi dan misi serta strategi organisasi. Proses pembentukan tersebut pada akhirnya akan menghasilkan tenaga pendidik maupun kependidikan yang mempunyai integritas yang tinggi Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian Fenomenology merupakan pendekatamn yang dilakukan berusaha untuk mengungkapkan, mempelajari serta memahami mengenai suatu hal secara mendalam tentang implementasian budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru. tehnik yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik interview, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber dalam penelitian ini kepala sekolah, waka kurikulum, dan perwakilan guru. Data yang dapat dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tringulasi tehnik yaitu teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak sehingga penelitian berjalan dengan lancar guna mengamati penelitian yang berjudul implementasian budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 1 Pesisir Barat Prov. Lampung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 1 pesisir barat melalui pengimplementasian pada nilai-nilai dalam bentuk 1) Inisiatif Perorangan diantaranya yaitu guru mengadakan pembelajaran yang kreatif, mengadakan penilaian keindahan kelas, dan membentuk tim kerja dalam pembaharuan pengajaran di kelas 2) Toleransi Terhadap Risiko dalam penerapannya yaitu dengan tidak menyulitkan tenaga pendidik dan memberikan kepercayaan kepada pendidik untuk mengambil keputusan dalam melakukan pekerjaan. 3) Pengawasan antara lain : mengadakan pembinaan pegawai, mengontrol pelaksanaan kurikulum dan sarana prasarana serta mengontrol pelakasanaan pembelajaran dengan mengunjungi kelas pada saat guru mengajar. 4) Dukungan Manajemen antara lain : memberikan motivasi, mengikutsertakkan Pendidik dalam kegiatan pelatihan, seminar, sosialisasi, pembinaan serta workshop serta tim kerja. 5) Pola Komunikasi dalam pengimplementasiannya yaitu dengan diskusi diruang kepala sekolah antara kepala sekolah, waka kurikulum mengenai kurikulum , sedangkan diskusi tenaga pendidik biasanya dilakukan di kantor pada saat jam kosong maupun dilakukan di rapat sekolah. Kata Kunci : Budaya Organisasi Dan Kinerja Guru iv ABSTRACT The problem in this research is individual initiative, risk tolerance. supervision. communication patterns and management support in improving teacher performance, this needs to be considered at MAN 1 Pesisir Barat where in supporting school operational activities one of the efforts that needs to be done by the school itself. Individual initiative, risk tolerance. supervision, communication patterns and management support are generally philosophical statements. can function as a binding demand for educators because it can be formally formulated in various organizational rules and regulations. As a reference for applicable provisions or regulations, educators and educational staff will be indirectly bound so that they can shape attitudes and behavior in accordance with the vision and mission and organizational strategy. The formation process will ultimately produce educators and educational staff who have high integrity. The method used is a descriptive qualitative method, namely phenomenology research, which is an approach that seeks to reveal, study, and understand something in depth about the implementation of organizational culture in improving the performance of technical teachers used as a data collection tool in this research, namely interview techniques, observation and documentation. The sources in this study were school principals, vice curricula and teacher representatives. Data that can be analyzed through data reduction, data presentation and conclusion. Testing the validity of the data in this study used triangulation techniques, namely different data collection techniques to obtain data from the same source. Researchers used participatory observation, interviews and documentation for the same data sources simultaneously so that research is running smoothly in order to observe research entitled implementation of organizational culture in improving teacher performance at MAN 1 Pesisir Barat Provinsi Lampung. The results showed that the implementation of organizational culture in improving teacher performance at MAN 1 Pesisir barat is through implementing aspects or values in the form of 1) Individual Initiatives, including teachers conducting creative learning. conduct class beauty assessments, and form work teams in updating teaching in class 2) Risk Tolerance in its application, namely by not making it difficult for educators and giving educators confidence to make decisions in carrying out work 3) Supervision, among others, conducting employee development controlling the implementation of the curriculum and infrastructure and control the implementation of learning by visiting the classroom when the teacher is teaching 4) Management Support includes providing motivation, involving Educators in training activities, seminars, outreach, coaching and workshops and work teams 5) Patterns of Communication in its implementation, namely by discussing in the principal's room between school principals, wakakur regarding curriculum, while discussions of educators are usually carried out in the office during free hours or held at school meetings. Keywords : Organizational Culture and Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:19
Last Modified: 06 Oct 2023 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30525

Actions (login required)

View Item View Item