IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA NOMOR /PRT/M/ TENTANG SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro)

Wisnu, Anggara M (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA NOMOR /PRT/M/ TENTANG SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of WISNU FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sertifikat Laik Fungsi (SLF) merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah untuk menyatakan kondisi bangunan gedung telah memenuhi syarat administratif dan teknis sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan fungsi bangunan tersebut. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor /PRT/M/ tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung sebagai petunjuk teknis pelaksanaan, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor Tahun tentang Bangunan Gedung, dan Peraturan Walikota Metro Nomor Tahun tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung Kota Metro. Proses penerbitan SLF bangunan ini tergolong cukup sederhana dikarenakan hanya diperiksa oleh beberapa tim teknis dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro dan tidak dilakukan oleh tim pemeriksa gedung yang lengkap. Hal ini menunjukkan bahwa tata cara pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung yang sudah ada (existing) belum sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor /PRT/M/ tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung dalam Bagian Kelima Paragraf (Pasal dan Pasal ) Tata Cara Pemeriksaan Kelaikan Fungsi Bangunan Gedung yang Sudah Ada (Existing) yang Dilakukan oleh Penyedia Jasa Pengkaji Teknis. Proses pengkajian gedung dilakukan oleh tenaga teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang dengan tim yang cukup sederhana. Rumusan Masalah : ) Bagaimanakah Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor /PRT/M/ tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemerintah Daerah Kota Metro?, ) Bagaimana perspektif Fiqih Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor /PRT/M/ tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemerintah Kota Metro?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari lokasi atau iv lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor /PRT/M/ di Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan meliputi proses prapermohonan SLF, proses permohonan SLF, dan proses penerbitan SLF. Namun proses pelaksanaanya hanya dilakukan dengan tim yang cukup sederhana sehingga tidak sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan. Dalam Perspektif Fiqih Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor /PRT/M/ di Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kota Metro tidak sesuai dengan amanat peraturan perundan-undangan karena dalam pelaksanaannya hanya dilakukan dengan tim yang cukup sederhana sehingga dalam proses pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung belum maksimal. Kata Kunci : Sertifikat Laik Fungsi (SLF), Fiqih Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:51
Last Modified: 04 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30524

Actions (login required)

View Item View Item