STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURUDI MTs AL-IMAN BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG

AYU, ANGGRAINI (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURUDI MTs AL-IMAN BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah sebagai pemimpin di madrasah yang memiliki peran penting untuk mencapai tujuan madrasah, tercapai atau tidaknya suatu tujuan pendidikan bergantung dengan bagaimana kepala madrasah melaksanakan tugasnya salah satunya ialah dengan meningkatkan kinerja guru. Sementara itu guru sebagai pendidik sangat berperan aktif dalam mencapai tujuan pendidikan dan proses belajar mengajar. Prestasi serta kemajuan guru dapat dilihat dari kinerja yang dihasilkan oleh guru tersebut dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Iman Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Iman Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang dengan sumber penelitian meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum dan Guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Dalam analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kepala madrasah MTs Al-Iman Banjar Agung, kabupaten Tulang Bawang telah menjalankan salah satu tugasnya sebagai seorang pemimpin yaitu strategi dalam meningkatkan kinerja guru terbukti dengan hasil penelitian menghasilkan bahwa dari kelima indikator strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru telah terealisasi dengan baik. 1) Kepala madrasah melakukan pembinaan dan mengirim tenaga pendidik untuk melaksanakan pelatihan diklat yang diselenggarakan pemerintah dan instansi lain; 2) Pengawasan tenaga pendidik yang dilakukan oleh kepala madrasah secara langsung, pengawasan saat proses belajar mengajar serta mengawasi guru dalam menjalankan tugas yang diberikan; 3) Pembinaan disiplin tenaga pendidik dengan kepala madrasah memberikan contoh untuk datang tepat waktu dan memberikan arahan untuk tenaga pendidik dapat bersikap disiplin baik iv disiplin waktu dan juga tugas yang sudah diberikan; 4) Pemberian motivasi yang kepala madrasah berikan dengan berupaya melengkapi fasilitas yang diperlukan untuk belajar mengajar, nasihat dan menyampaian semangat dengan interaksi yang profesional serta komunikasi yang baik dengan guru satu dengan yang lain; 5) Pemberian penghargaan yang merupakan buah dari hasil kinerja guru dengan apresiasi yang bisa berupa ucapan, hadiah atas semua kinerja yang dilakukan. Kata Kunci : Strategi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru v ABSTRACT The madrasa head as a leader in the madrasa has an important role in achieving madrasa goals, whether or not an educational goal is achieved depends on how the madrasa head carries out his duties, one of which is to improve teacher performance. Meanwhile the teacher as an educator plays an active role in achieving educational goals and the teaching and learning process. The teacher's achievements and progress can be seen from the performance produced by the teacher in carrying out his duties. This study aims to describe the implementation of the principal's strategy in improving teacher performance at MTs Al-Iman Banjar Agung, Tulang Bawang Regency. This research is descriptive qualitative in nature, the subject of this research is the strategy of the madrasah head in improving teacher performance at MTs Al-Iman Banjar Agung, Tulang Bawang Regency with research sources including the Head of Madrasah, Deputy Head of Curriculum and Teachers. Data collection techniques in this study were interviews, observation and documentation. Test the validity of the data in this study using source triangulation. In the analysis of the data the authors use data reduction, data presentation and conclusions. The results of this study found that the head of the madrasah MTs Al-Iman Banjar Agung, Tulang Bawang district had carried out one of his duties as a leader, namely a strategy to improve teacher performance as evidenced by the results of the research showing that of the five indicators the strategy of the head of the madrasa in improving teacher performance had been realized. well. 1) The head of the madrasa conducts training and sends educators to carry out education and training programs organized by the government and other agencies; 2) Supervision of teaching staff which is carried out directly by the head of the madrasa, supervision during the teaching and learning process and supervising teachers in carrying out the assigned tasks; 3) Fostering the discipline of teaching staff with the head of the madrasah provides an example of arriving on time and providing directions for teaching staff to be disciplined both in time discipline and also in the assignments that have been given; 4) vi Providing motivation that the head of the madrasa provides by trying to complete the facilities needed for teaching and learning, giving advice and conveying enthusiasm through professional interaction and good communication with one teacher and another; 5) Giving awards which are the fruit of the results of the teacher's performance with appreciation which can be in the form of greetings, prizes for all the performance carried out. Keywords: Strategy, Head of Madrasah, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:30
Last Modified: 04 Oct 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30518

Actions (login required)

View Item View Item