PENGARUH METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN

Dwi, Pusfita Layli (2023) PENGARUH METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DWI PUSFITA LAYLI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Metode pembelajaran sangat berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya adalah metode focus groub discussion. Metode focus groub discussion merupakan suatu metode pembelajaran aktif yang membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Yang dimana diskusinya terfokus pada grup. Grup tesebut akan membahas mengenai materi pembelajaran yang belum di pahami, dan menemukan solusi mengenai permasalahan dari materi yang belum dipahami tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat Pengaruh Metode Focus Groub Discussion (FGD) Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI di MAN 1 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen, dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN 1 Lampung Selatan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan sampel penelitian kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau koesioner (skala likert). Teknik analsis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik desktiptif dan analisis uji-t (independent sample t test) dengan menggunkan bantuan program IBM Statistical Package for Social Science (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pre-test motivasi belajara fiqih kelas eksperimen sebesar 58,06 dan kelas kontrol sebesar 56,83. Sedangkan rata-rata post�test motivasi belajar fiqih kelas eksperimen sebesar 72,77 dan rata-rata di kelas kontrol sebesar 59,63. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata menunjukkan bawa motivasi belajar fiqih siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Focus Group Discussion lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode diskusi. Selanjutnya dilakukan uji-t dengan menggunakan uji independet sample t test yang menggunakan bantuan SPSS versi 26 diperoleh nilai thitung = 8,103 > ttabel = 1,995 dan juga didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf kepercayaan 95%, dimana 0,000 < 0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Focus Group Discussion lebih berpengaruh signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran diskusi. Kata Kunci: Metode Focus Group Discussion, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Fiqih iv ABSTRACT Learning methods play an important role in increasing student learning motivation. One of them is the focus group discussion method. The focus group discussion method is an active learning method that divides students into groups. Which is where the discussion focuses on the group. The group will discuss learning material that has not been understood, and find solutions to problems from material that has not been understood. Therefore, the research aims to examine whether there is an effect of the method on the learning motivation of the Fiqih subject of class XI students at MAN 1 South Lampung. This study used a quantitative method of experimental type, with a pre-test post-test control group design. The population in this study were all students of class XI at MAN 1 South Lampung. The samples taken in this study used the cluster random sampling technique. With a research sample of class XI MIA 1 as an experimental class totaling 35 students and XI MIA 2 as a control class totaling 35 students. Data collection techniques in this study used a questionnaire or questionnaire (Likert scale). Data analysis techniques in this study used descriptive statistical analysis and t-test analysis (independent sample t test) using the help of the IBM Statistical Package for Social Science (SPSS) Version 26 program. The results of this research, based on descriptive statistical analysis, showed that the average pre�test motivation for learning fiqh in the experimental class was 58.06 and the control class was 56.83. Meanwhile, the average post-test motivation for learning fiqh in the experimental class was 72.77 and the average in the control class was 59.63. Based on the results of the average calculation, it shows that the motivation to learn fiqh of students who take part in learning using the Focus Group Discussion method is higher than students who take part in learning using the discussion method. Next, a t-test was carried out using an independent sample t test using SPSS version 26 to obtain a value of tcount = 8.103 > ttable = 1.995 and a sig value was also obtained. (2-tailed) of 0.000 with a confidence level of 95%, where 0.000 < 0.05 then, H0 is rejected and H1 is accepted, thus the conclusion is that learning motivation in the experimental class which uses the Focus Group Discussion learning method has a more significant influence compared to the control using discussion learning methods. Keywords: Focus Group Discussion Method, Learning Motivation, Fiqh Subject

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:15
Last Modified: 04 Oct 2023 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30517

Actions (login required)

View Item View Item