TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 4 PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 10 TAHUN 2020 TENTANG PROGRAM INDONESIA PINTAR (Studi di SDN 1 Tanjung Raya Kota Bandar Lampung)

MUTIARA, PUTRI (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 4 PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 10 TAHUN 2020 TENTANG PROGRAM INDONESIA PINTAR (Studi di SDN 1 Tanjung Raya Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Program Indonesia Pintar yang disingkat PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan. Permendikbud No. 10 Tahun 2020 pasal 4 tentang sasaran prorgam indonesia pintar yaitu peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin. “Penetapan kebijakan ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat agar memperoleh layanan pendidikan yaitu salah satunya adalah melalui program Indonesia pintar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1.) Bagaimana Implementasi Pasal 4 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar di SDN 1 Tanjung Raya Kota Bandar Lampung. 2.) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pasal 4 Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar di SDN 1 Tanjung Raya Kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pasal 4 Nomor 10 tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar di SDN 1 Tanjung Raya Kota Bandar Lampung, dan Untuk mengetahui Pandangan Fiqh Siyasah Terhadap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pasal 4 Nomor 20 tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar di SDN 1 Tanjung Raya Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan juga di dampingi dengan library research. Dengan menggunakan metode kualitatif mengumpulkan sumber data primer dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan data sekunder yang diperoleh dari beberapa buku, jurnal dan lainnya yang relevan dengan judul penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi pasal 4 Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar di SDN 1 Tanjung Raya Kota Bandar Lampung sudah terlaksana cukup baik, namun pengusulan Program Indonesia pintar masih memiliki kendala, seperti kurangnya sosialisasi yang diberikan dan ketidakpedulian wali murid, sehingga masih ada wali murid tidak iii mengetahui prioritas sasaran pengusulan. Sedangkan dalam fiqh siyasah tanfidziyyah sudah terlaksana dengan cukup baik seperti program indonesia pintar ini untuk kemasalahatan manusia, dimana dalam hal ini pihak sekolah juga melakukan pengusulan sesuai prioritas sasaran, sebagai tanggung jawab, ini merupakan bagian dari kepemimpinan dalam Islam Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Program Indonesia Pintar, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:01
Last Modified: 04 Oct 2023 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30514

Actions (login required)

View Item View Item