PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs AL HIDAYAH SRIKUNCORO TANGGAMUS

Yaumil, Hidayati (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs AL HIDAYAH SRIKUNCORO TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YAUMIL HIDAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengangkat tentang Pengaruh Strategi Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Srikuncoro Tanggamus. Hal tersebut dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu model, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dengan model, strategi pembelajaran sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Strategi Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Srikuncoro Tanggamus. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan sampel 38 siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Srikuncoro Tanggamus yang ditentukan menggunakan Simple Rendom Sampling, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiment dimana pengumpulan datanya menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Jenis eksperimen yang digunakan Quasy Eksperiment, dengan desain penelitian Nonequevalen Control Group Design. Teknik analisis datanya menggunakan Uji-T (Independent Sampel T-test). Hasil penelitian diperoleh dari uji hipotesis Independent Sampel T-test terdapat signifikansi 0.004 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa HI diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan terhadap penggunaan strategi pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Dimana Hasil Belajar strategi pembelajaran talking stick memiliki nilai rata-rata sebesar 76,16 dengan kategori tinggi dan untuk model pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata 71,11 dengan kategori sedang. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar Siswa iii ABSTRACT This study raised the Effect of Talking Stick Learning Strategy on Cognitive Learning Outcomes of Students of Class VIII Fiqh Subjects at MTs Al-Hidayah Srikuncoro Tanggamus. This is motivated by the low learning outcomes of students in fiqh subjects, one of the factors causing low student learning outcomes is the model, the learning strategies used by teachers are less varied with models, learning strategies today. This study aims to determine how much the Influence of Talking Stick Learning Strategies on the Cognitive Learning Outcomes of Class VIII Fiqh Subject Students at MTs Al�Hidayah Srikuncoro Tanggamus. This study used quantitative research, with a sample of 38 grade VIII MTs Al-Hidayah Srikuncoro Tanggamus students determined using Simple Rendom Sampling, using a quantitative approach with a type of experimental research where the data collection used test instruments, observation and documentation. The type of experiment used Quasy Experiment, with a Nonequevalent Control Group Design research design. The data analysis technique uses T-Test (Independent Sample T-test). The results of the study obtained from the hypothesis test Independent Sample T-test there is a significance of 0.004 < 0.05, it can be concluded that HI is accepted and H0 is rejected thus it can be concluded that there is a significant positive influence on the use of Talking Stick learning strategies on the cognitive learning outcomes of learners. Where the Learning Outcomes of the talking stick learning strategy has an average value of 76.16 with the high category and for conventional learning models get an average value of 71.11 with the medium category. Keywords: Talking Stick Learning Strategies, Student Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:38
Last Modified: 04 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30510

Actions (login required)

View Item View Item