PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 3 PRINGSEWU

Verawati, Munafiroh (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 3 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada kelas V MIN 3 Pringsewu yang dilatar belakangi oleh kurangnya berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika yang dibuktikan disetiap indikator kemampuan berpikir kritis. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 3 pringsewu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 3 pringsewu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment. Bentuk Quasi experiment yang digunakan adalah The nonrandomized control group Pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 3 Pringsewu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang terdiri dari kelas V A dan V B. kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian ini menggunakan instrument tes berupa soal essay berjumlah 10 soal. Validai soal dilakukan dengan dua cara yaitu validasi isi dan validasi kontruks. Data penelitian dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis uji-t. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test uji SPSS versi 26 for windows mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%), dalam hal ini, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 3 pringsewu. Kata kunci : model pembelajaran inkuiri, berpikir krtis, matematika iv ABSTRACK This research was conducted in class V MIN 3 Pringsewu which was motivated by the lack of critical thinking of students in mathematics as evidenced in every indicator of critical thinking ability. The formulation of the problem in this study is whether there is an influence of the inquiry learning model on students' critical thinking skills in fifth grade mathematics at MIN 3 Pringsewu. The type of research used is Quasi experiment. The quasi�experimental form used was the nonrandomized control group pretest�posttest design. The population in this study were all students of class V MIN 3 Pringsewu. The sampling technique used is saturated samples. The sample in this study was all class V consisting of classes V A and V B. Class V A was the control class and class V B was the experimental class. The research instrument used a test instrument in the form of essay questions totaling 10 questions. Research data was analyzed using prerequisite tests and t-test hypothesis tests. Based on the research, it was found that the results of hypothesis testing using the t-test of the SPSS version 26 for windows test obtained a Sig. (2-tailed) of 0.000. Sig value. (2-tailed) is smaller than 0.05 (5%), in this case, it means that H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study is that there is an influence of the inquiry learning model on students' critical thinking skills in fifth grade mathematics at MIN 3 Pringsewu. Keywords : inquiry learning model, critical thinking, mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:43
Last Modified: 04 Oct 2023 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30509

Actions (login required)

View Item View Item