MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL ISLAMIYAH SUMBER AGUNG KEMILING BANDAR LAMPUNG

INTAN, PURNAMA (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL ISLAMIYAH SUMBER AGUNG KEMILING BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN PURNAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia sangat berperan dalam menentukan kemajuan suatu negara. Manejemen sumber daya manusia menjadi penentu kualitas dari seorang tenaga pendidik untuk menstimulasi, mengkoordinasi, dan membimbing secara berkelanjutan. Pertumbuhan dan perkembangan potensi yang tenaga pendidik miliki di Madrasah baik secara individual maupun secara kelompok sangat berperan penting dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran serta mampu mengembangkan proses pendidikan yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yakni sumber data yang dikumpulkan langsung dari informan yaitu kepala madrasah dan guru yang menjadi objek penelitian. Sumber data sekunder yakni sumber data yang diperoleh secara tidak langsung seperti, catatan, laporan dan arsip. Teknik analisis data terdiri dari, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang manajemen sumber daya manusia tenaga pendidik di Madrasah ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung yaitu proses pengadaan rekrutimen tenaga pendidik yang dilakukan dimadrasah pada umumnya sama dan rekruitmen dimadrasah lainnya,di madrasah ini juga melakukan tes membaca Al-Quran dan dites langsung oleh tenaga pendidik yang senior,dan untuk penempatan pihak madrasah juga tak jarang memberi kesempatan bagi pelamar yang tidak sesuai kualifikasi karna hambatannya seperti sedikitnya para pelamar. Untuk pelatihan dimadrasah banyak melakukan pelatihan seperti KKG,workshop,pelatihan kurikulum dan juga pelatihan bidang IPTEK.untuk kompensasi si madrasah memberikan kompensasi fininsial langsung berupa gaji,kompenssasi fininsial tidak langsung seperti tunjangan hari raya, dan kompensasi no fininsial seperti fasilitas contohnya seragam,peralatan mengajar dan ruang guru.untuk pemberhentian tenaga pendidik yang dilakukan oleh pihak madrasah iii untuk tenaga pendidik yang melanggar peraturan madrasah dia akan diberi teguran jika teguran sudah sampai 3x yatitu berupa SP1,SP2,SP3,jika tidak ada perubahan maka karyawan yang melakukan pelanggaran diharuskan membuat surat pengunduran diri ke pihak madrasah atau yayasan, akan tetapi dalam madrasah ini untuk pemberhentian karyawan belum pernah terjadi. Kata kunci: Manajemen sumber daya manusia, Tenaga pendidik iv ABSTRACK Human resources play a very important role in determining the progress of a country. Human resource management determines the quality of an educator to stimulate, coordinate and guide on an ongoing basis. The growth and development of the potential that educators have in Madrasas both individually and as a group plays an important role in realizing all teaching functions and being able to develop a better educational process. The research method used is descriptive qualitative with the type of field research (field research). The data sources in this study used primary data, namely data sources collected directly from informants, namely the head of the madrasa and teachers who were the object of research. Secondary data sources, namely data sources obtained indirectly, such as notes, reports and archives. Data analysis techniques consist of, data reduction, data presentation, conclusions. Data collection techniques namely, observation, interviews and documentation. The results of the research conducted by the author on the management of human resources for teaching staff at Madrasah ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung, namely the process of procuring the recruitment of teaching staff in madrasas is generally the same as recruitment in other madrasas, this madrasa also conducts Al-Quran reading tests and is tested directly by senior educators, and for the placement of madrasas, it is also not uncommon to provide opportunities for applicants who do not meet the qualifications because of obstacles such as the small number of applicants. For training, madrasas conduct a lot of training such as KKG, workshops, curriculum training and also science and technology training. For compensation, the madrasa provides direct financial compensation in the form of salary, indirect financial compensation such as holiday allowances, and non-financial compensation such as facilities such as uniforms, teaching equipment. and the teacher's room. for the dismissal of educators carried out by the madrasa for educators who violate the madrasa regulations he v will be given a warning if the warning has reached 3x, namely in the form of SP1, SP2, SP3, if there is no change then the employee who committed the violation is required to make a letter of resignation themselves to the madrasa or foundation, but in this madrasa the dismissal of employees has never happened. Keywords: Human resource management, Educators

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:35
Last Modified: 04 Oct 2023 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30508

Actions (login required)

View Item View Item