ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 16 TAHUN 2019 ATAS PERUBAHAN UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN (Studi Pada Pekon Mutar Alam Kec.Way Tenong Kab. Lampung Barat)

YAZID, FIKRI (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 16 TAHUN 2019 ATAS PERUBAHAN UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN (Studi Pada Pekon Mutar Alam Kec.Way Tenong Kab. Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK YAZID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring perkembangan peradaban manusia yang semakin maju, masalah yang timbul dalam bidang hukum kekeluargaanpun ikut berkembang, tidak terkecuali masalah perkawinan. Perkawinan merupakan suatu faktor yang paling penting sebagai salah satu sendi kehidupan dan susunan masyarakat Indonesia. Dalam Hukum Islam suatu perkawinan dapat dilaksanakan apabila memenuhi Rukun dan Syarat perkawinan. Usia perkawinan yang terdapat dalam Undang�undang No 16 Tahun 2019 atas perubahan Undang-undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, di mana yang awalnya 16 tahun bagi perempuan dan 19 tahun bagi laki-laki telah berubah menjadi 19 tahun bagi laki-laki dan 16 tahun perempuan. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Atas Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan di Pekon Mutar Alam dan Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Atas Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Serta tujuan dari permasalahan ini untuk mengetahui mengetahui implementasi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Atas Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan di Pekon Mutar Alam dan untuk mengetahui Analisis Hukum Islam Terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Atas Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research ) yaitu mengadakan penelitian dengan cara wawancara atau berdialog dengan objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara melihat data yang sudah dikumpulkan dari observasi, wawancara, dokumentasi,serta dilandasi dengan teori perkawinan dan hukum Islam. Dari hasil analisis data dapat disimpulkann bahwa Masyarakat yang ada di Pekon Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat belum sepenuhnya mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Batasan usia minimal perkawinan, ada beberapa factor diantaranya yaitu sudah terlanjur melakukan hubungan diluar nikah, minimnya pengetahuan tentang adanya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perkawinan, Maraknya pergaulan bebas pemuda�pemudi zaman sekarang dan kurangnya arahan orang tua, factor iii ekonomi dan pendidikan. masyarakat di Pekon Mutar Alam ini tidak melakukan dispensasi karena berhenti di pengadilan agama sebab warga tidak mampu dalam hal biaya, dan ada beberapa masyarakat juga yang belum sepenuhnya mengetahui akan adanya undang-undang nomor 16 Tahun 2019 sehingga masyarakat melakukan nikah siri dan menunggu umur yang cukup untuk melakukan nikah sah secara negara. Kata Kunci : Analisis, Hukum Islam, Implementasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:06
Last Modified: 04 Oct 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30506

Actions (login required)

View Item View Item