KOMUNIKASI ANTARPRIBADI USTAD DAN SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL MUHSIN DESA PURWOSARI KECAMATAN METRO UTARA

DIKI, SEPRIANTO (2023) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI USTAD DAN SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL MUHSIN DESA PURWOSARI KECAMATAN METRO UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I BAB II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB I SAMPAI 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi antarpribadi dalah komunikasi yang berlangsung antara dua orang, di mana terjadi kontak langsung dalam bentuk percakapan komunikasi jenis ini bisa berlangsung secara berhadapan muka (face to face) interaksi tatap muka antar dua orang, di mana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung dan penerima pesan dapat menerima dan menanggapi secara langsung. Komunikasi antarpribadi yang dimaksud dalam skripsi ini adalah komunikasi yang terjadi secara langsung dan tatap muka antar ustad dengan santri yang ada di Pondok Pesantren Al Muhsin Desa Purwosari Kec. Metro Utara. Ustad menjadikan komunikasi antar pribadi sebagai saluran pesan dalam membina santri untuk menjadikan generasi yang berkarakter sesuai dengan ajaran islam yaitu menghormati/sopan kepada orang yang lebih tua, selalu disiplin dalam segala hal baik itu ibadah dan mengikuti pelajaran yang diberikan di pondok, selalu berkata jujur, dan juga kemandirian. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling yang berjenis Sampling Purposif (Purposive Sampling) yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Ustadz dan Santri di Pondok Pesantren Al-Muhsin Desa Purwosari Kec. Metro Utara yang berjumlah 9 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman Michel, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi antarpribadi yang dilakukaan oleh ustadz terhadap santri dalam iii pembentukan karakter santri adalah menggunakan identifikasi perspektif humanistik. Dalam perspektif humanistik berpandangan bahwa manusia bertanggung jawab atas apa yang diperbuat dalam kehidupannya serta mempunyai kebebasan dalam mengubah sikap dan perilaku mereka. Dalam perspektif humanistic terdapat lima aspek yang menjadi pertimbangan agar komunikasi antarpribadi dapat berlangsung efektif yakni keterbukaan (Openness), Empati (Empathy), Sikap mendukung (Supportiveness), Sikap positif (Positiveness), Kesetaraan (Equality). Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Pembentukan Karakter iv ABSTRACK Interpersonal communication is communication that takes place between two people, where there is direct contact in the form of conversation. This type of communication can take place face to face. Face-to-face interaction between two people, where the sender can convey messages directly and the message recipient can receive and respond directly. Interpersonal communication referred to in this thesis is communication that occurs directly and face to face between ustad and students at the Al Muhsin Islamic Boarding School, Purwosari Village, Kec. Metro North. Ustad makes interpersonal communication as a channel for messages in fostering students to create a generation with character in accordance with Islamic teachings, namely respecting/polite to older people, always being disciplined in all things, be it worship and following the lessons given at the Islamic boarding school, always telling the truth, as well as independence. The author used a descriptive qualitative research method with a type of field research (field research). The sampling technique used a non-random sampling technique with the type of purposive sampling. The samples in this study were Ustadz and Santri at the Al-Muhsin Islamic Boarding School, Purwosari Village, Kec. North Metro, totaling 9 people. Data collection methods used are observation, interviews, documentation, and data analysis. The data analysis technique used is the Miles and Huberman Michel analysis technique, consisting of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the process of interpersonal communication carried out by the ustadz towards the students in the formation of the character of the students is to use the identification of a humanistic perspective. The humanistic v perspective holds that humans are responsible for what they do in their lives and have the freedom to change their attitudes and behavior. In the humanistic perspective, there are five aspects that are considered so that interpersonal communication can take place effectively, namely openness, empathy, supportiveness, positiveness, and equality. Keywords: Interpersonal Communication, Character Building

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:57
Last Modified: 04 Oct 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30505

Actions (login required)

View Item View Item