NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK ALI BIN ABI THALIB (DALAM BUKU BIOGRAFI ALI BIN ABI THALIB KARYA ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

ASTI, MURNIASIH (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK ALI BIN ABI THALIB (DALAM BUKU BIOGRAFI ALI BIN ABI THALIB KARYA ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,BAB II, DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Akhlak dalam pandangan Islam merupakan sebuah misi utama yang harus dilaksanakan dalam kehidupan seorang Muslim. Eksistensi seorang Muslim itu sendiri adalah cerminan dari perilaku akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan akhlak, salah satunya adalah dengan mengkaji sejarah dan biografi kehidupan Ali bin Abi Thalib dalam buku biografi Ali bin Abi Thalib karangan Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi. Ali bin Abi Thalib merupakan sosok teladan yang dapat menginspirasi semua kalangan secara keseluruhan. Melalui buku biografi Ali bin Abi Thalib ini, nilai-nilai pendidikan akhlak beliau dapat dipelajari dengan memahami perjalanan hidup beliau. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan dengan menggunakan pendekatan historis. Adapun Pendekatan historis yang digunakan pada penelitian ini memfokuskan pada biografi yang berhubungan dengan catatan hidup Ali bin Abi Thalib untuk dapat mengetahui latar belakang hidup sang tokoh dan lingkungan sosial�politiknya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknis analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak Ali bin Abi Thalib yang terdapat dalam buku biografi Ali bin Abi Thalib karya Ali Muhammad Ash-Shallabi yakni Ali bin Abi Thalib adalah seseorang yang memiliki ilmu yang luas dan mendalam pemahaman agamanya, zuhud, tawadhu, dermawan, malu kepada Allah, dan adil serta tidak pilih kasih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak Ali bin Abi Thalib dalam buku biografi Ali bin Abi Thalib karya Muhammad Ash-Shallabi relevan dengan tujuan pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan akhlak Ali bin Abi Thalib dalam buku biografi Ali bin Abi Thalib karya Muhammad Ash-Shallabi memiliki enam akhlak mulia yang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan akhlak Ali bin Abi Thalib dapat menjadi sebuah sarana yang mendukung agar dapat tercapainya sebuah tujuan dari pendidikan Islam, dengan menerapkan nilai-nilai iii pendidikan akhlak maka tujuan pendidikan Islam akan lebih mudah terwujud. Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Akhlak, Ali bin Abi Thalib iv ABSTRACT Morals in the Islamic view are the main mission that must be carried out in the life of a Muslim. The existence of a Muslim itself is a reflection of his moral behavior in everyday life. There are many ways to convey moral education, one of which is by studying the history and biography of Ali bin Abi Talib's life in the biography of Ali bin Abi Talib written by Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi. Ali bin Abi Talib is a role model who can inspire all groups as a whole. Through this biography book of Ali bin Abi Talib, the values of his moral education can be learned by understanding his life journey. This research is a literature study using historical approach. The historical approach used in this research focuses on biographies related to the life records of Ali bin Abi Talib in order to find out the character's life background and socio-political environment. The data collection technique used in this research is documentation. Meanwhile, the data analysis technique uses a content analysis techniques. The results of this research show that the moral educational values of Ali bin Abi Talib contained in the biography of Ali bin Abi Talib by Ali Muhammad Ash-Shallabi are that Ali bin Abi Talib is someone who has extensive knowledge and a deep understanding of his religion, asceticism, tawadhu, generous, ashamed of Allah, and fair and does not show favoritism. The conclusion of this research is that the moral educational values of Ali bin Abi Talib in the biography of Ali bin Abi Talib by Muhammad Ash-Shallabi are relevant to the goals of Islamic education. The moral education values of Ali bin Abi Talib in the biography of Ali bin Abi Talib by Muhammad Ash�Shallabi have six noble morals which are in accordance with the goals of Islamic education. Ali bin Abi Talib's moral education values can be a means that supports the achievement of the goals of Islamic education. By applying the values of moral education, the goals of Islamic education will be more easily realized. Keywords: Values, Moral Education, Ali bin Abi Thalib

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:41
Last Modified: 04 Oct 2023 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30503

Actions (login required)

View Item View Item