EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN CLIENT-CENTERED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII H SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Susanti, Ayu (2017) EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN CLIENT-CENTERED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII H SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_AYU_SUSANTI.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan para peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 terkait mata pelajaran IPS, yang ditandai rendahnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPS, sehingga mempengaruhi nilai hasil belajar yang diperoleh di bawah kreteria ketuntasan minimal (KKM). Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen, dan perlakuan yang digunakan untuk peserta didik yang mendapatkan nilai hasil belajar IPS di bawah KKM adalah konseling individual dengan pendekatan client centered. Data penelitian diperoleh melalui obeservasi, dokumentasi, wawancara, dan test. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Data-data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji T-test 2 sampel berkorelasi, untuk mengetahui efektivitas hasil belajar dengan membandingkan nilai test awal sebelum diberikan perlakuan client centered dan nilai test akhir setelah diberikan perlakuan client centered. Hasil penelitian menunjukan adanya efektivitas perlakuan client centered terlihat dari nilai peserta didik yang mengalami peningkatan, dari 14 peserta didik yang diberikan perlakuan 7 orang peserta didik mendapat nilai diatas KKM dan 7 orang peserta didik mendapat nilai KKM. Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa penggunaan konseling individual dengan pendekatan client centered efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Bandar Lampung, terkait nilai mata pelajaran IPS. Kata kunci: Nilai hasil belajar IPS peserta didik dan Perlakuan client centerd.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Ema fitriani
Date Deposited: 08 Mar 2017 04:28
Last Modified: 08 Mar 2017 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item