METODE DAKWAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK YATIM PIATU DI PANTI ASUHAN SYARIF HIDAYATULLAH DESA LABUHAN RATU KECAMATAN PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Anes, Ainur Rizqiyah (2023) METODE DAKWAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK YATIM PIATU DI PANTI ASUHAN SYARIF HIDAYATULLAH DESA LABUHAN RATU KECAMATAN PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&DAPUS.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Metode dakwah adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengajak atau memanggil dalam kebaikan dalam bentuk lisan, tulian, tingkah laku yang dilakukan secara sadar dan berencana dalam usaha mempengaruhi orang lain baik dilakukan secara individual maupun secara kelompok supaya timbul dalam dirinya suatu pengertian, kesadaran, serta pengamalan terhadap ajaran agama sebagai pesan yang disampaikan kepada anak-anak panti asuhan Syarif hidayatullah untuk membina akhlak anak, sehingga akhlak anak panti menjadi lebih baik lagi, karena akhlak menempati posisi penting dalam ajaran Islam. Oleh karena itu, seorang muslim mempunyai kewajiban untuk membina akhlak sesuai ajaran islam yang dicontohkan Rasulullah saw. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dakwah dalam pembinaan akhlak anak yatim, piatu, yatim piatu dan anak terlantar di panti asuhan Syarif Hidayatullah. Metode yang digunakan dalam penelittian ini adalah metode lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode berfikir induktif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka penulis menjelaskan Hasil penelitian ini adalah 1) Metode dakwah yang digunakan di Panti Asuhan Syarif Hidayatullah, menggunakan lebih dari satu metode dikarenakan tidak semua metode cocok diterapkan pada anak-anak di panti asuhan tersebut, jenis metode dakwah yang digunakan dipanti asuhan adalah metode dakwah Al-Hikmah, Mau’idza hasanah atau nasihat yang baik, nasihat yang baik ini diberikan oleh pengasuh panti kepada anak asuh agar pesan yang disampaikan bisa tersalurkan, metode dakwah yang selanjutnya yaitu al-Mujadalah yaitu metode dengan mengajak diskusi tanya jawab jadi melatih anak berani mengutarakan pendapat. 2) Metode dakwah yang digunakan di panti asuhan Syarif Hidayatullah, berdampak kepada perilaku dan tingkah laku anak yang menjadi lebih iv baik yaitu mengerjakan hal yang baik dan meninggalkan hal yang buruk contohnya melakukan sholat 5 waktu berjamaah di masjid, anak selalu terbiasa membaca al-Quran. Keberhasilan metode dakwah yang digunakan di panti asuhan yaitu dari jumlah 28 anak diantaranya 13 anak perempuan dan 15 anak laki-laki, sekitar 17 anak panti asuhan yang laki-laki maupun perempuan yang mengalami perubahan akhlak menjadi lebih baik dan sisanya 11 anak yang belum mengalami perubahan signifikan. Faktor penghambat dan pendukung dalam pembinaan akhlak di panti asuhan Syarif Hidayatullah, yaitu pergaulan anak di luar panti merupakan faktor penghambat pembinaan akhlak, dikarenakan anak asuh yang sedang mencari jati diri terpengaruh dengan pergaulan. Faktor pendukung pembinaan akhlak yaitu banyak pengajar/ pengasuh yang selalu memberikan pembinaan akhlak sesuai dengan ajaran islam. Kata Kunci : Metode Dakwah, Pembinaan Akhlak, Yatim Piatu, Panti Asuhan. v ABSTRACT The da'wah method is an activity that aims to invite or call for goodness in the form of verbal, written, behavior carried out consciously and planned in an effort to influence other people, whether carried out individually or in groups so that an understanding, awareness and practice arises in them. towards religious teachings as a message conveyed to the children of the Syarif Hidayatullah orphanage to develop children's morals, so that the morals of orphaned children become even better, because morals occupy an important position in Islamic teachings. Therefore, a Muslim has an obligation to develop morals according to Islamic teachings as exemplified by the Prophet Muhammad. The aim of this research is to find out the da'wah method in developing the morals of orphans, orphans and neglected children at the Syarif Hidayatullah orphanage. The method used in this research is a field method (Field Research) which is descriptive qualitative in nature. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and documentation, then the data collected was analyzed using inductive thinking methods. Based on the research conducted, the author explains the results of this research are 1) The da'wah method used at the Syarif Hidayatullah Orphanage uses more than one method because not all methods are suitable for application to children in the orphanage. The type of da'wah method used in the orphanage is the Al-Hikmah, Mau'idza Hasanah da'wah method. or good advice, this good advice is given by orphanage caretakers to foster children so that the message conveyed can be transmitted, the next da'wah method is al-Mujjadi, which is a method by inviting a question and answer discussion to train children to dare to express their vi opinions. 2) The da'wah method used at the Syarif Hidayatullah orphanage has an impact on children's behavior and behavior becoming better, namely doing good things and leaving behind bad things, for example praying 5 times a day in congregation at the mosque, children are always used to reading the Koran. The success of the da'wah method used in the orphanage is that out of a total of 28 children, 13 girls and 15 boys, around 17 children from the orphanage, both boys and girls, experienced changes in their morals for the better and the remaining 11 children have not experienced any changes. significant. Inhibiting and supporting factors in developing morals at the Syarif Hidayatullah orphanage, namely the interaction of children outside the orphanage is an inhibiting factor in moral development, because foster children who are looking for their identity are influenced by social interactions. The supporting factor for moral development is that there are many teachers/caregivers who always provide moral guidance in accordance with Islamic teachings. Keywords: Da'wah Method, Moral Development, Orphans, Orphanages.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:04
Last Modified: 04 Oct 2023 02:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30496

Actions (login required)

View Item View Item