IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL FALAH KECAMATAN MATARAM BARU LAMPUNG TIMUR

IMAM, FAUZI (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL FALAH KECAMATAN MATARAM BARU LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi IMAM FAUZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang berbeda dengan pendidikan yang lainnya, Pendidikan di pesantren mempunyai ciri khusus yang unik dan menonjol, santri mempuyai hubungan yang erat dengan kyai, Hubungan tersebut dapat menumbuhkan sikap persaudaraan yang erat. Tata nilai pesantren ditanamkan pada diri santri agar terbiasa hidup sebagai tata tertib. Sehingga pesantren menjadi sebuah lembaga yang sangat efektif dalam pengembangan pendidikan karakter santri. Penerapan pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur menggunakan keteladan ustadz/ustadzah, pembiasaaan melalui jadwal kegiatan dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajarannya melalui kitab-kitab ahlak, seperti: kitab Aqidatul Awam, Bidayatul Hidayah, Ta‟limul Muta‟alim, Hikam dan Ihya‟ Ulumiddin. Pertanyaan penelitian pada tesis ini adalah adalah Bagaimana implementasi metode, hasil dan nilai pendidikan dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah Sumbersari Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur ? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur mendiskripsikan metode apa saja yang digunakan untuk mengimplementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah Sumbersari Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, Implmentasinilai nilai karakterter hadap tuhan yaitu karakter iman dan taqwa serta ikhlas, karakter terhadap diri sendiri yaitu karakter disiplin dan sabar. Metode yang digunakan dalam implementasi karakter ketuhanan dan diri sendiri, santri sudah dituntun mandiri, adapun metode pembelajaran dengan keteladanan kyai dan para pengajar yang setiap hari berinteraksi aktif berbeda dengan sekolah pada umumnya, pembiasaan dan pemberian nasehat atau arahan. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter yaitu faktor intern: insting atau naluri dan kebiasaan, sedangkan faktor ekstren: pendidikan dan lingkungan. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Santri Pondok Pesantren Miftahul Falah Lampung. vii ABSTRACT Islamic boarding school education is education that is different from other education. Education in Islamic boarding schools has special and unique characteristics, students have a close relationship with the kyai, this relationship can foster a close attitude of brotherhood. The values of the pesantren are instilled in the students so that they are used to living as discipline. So that Islamic boarding schools become a very effective institution in the development of character education for students. The application of character education to students at the Miftahul Falah Islamic Boarding School, Mataram Baru District, East Lampung uses the example of a teacher/ustadzah, habituation through a schedule of activities and regulations that apply in everyday life. The learning is through books on morals, such as: the book of Aqidatul Awam, Bidayatul Hidayah, Ta'limul Muta'alim, Hikam and Ihya' Ulumiddin. The research question in this thesis is how is the implementation of methods, results and educational values in building the character of students at the Miftahul Falah Islamic Boarding School Sumbersari Teluk Dalem, Mataram Baru District, East Lampung Regency? This study aims to describe the implementation of the character of students at the Miftahul Falah Islamic Boarding School, Mataram Baru District, East Lampung Regency, to describe the methods used to implement character values with God and oneself for students at the Miftahul Falah Islamic Boarding School, Sumbersari Teluk Dalem, Mataram Baru District, Regency East Lampung. Sources of data used are primary and secondary data sources, data collection methods using interviews, observation and documentation. Then analyzed using technical triangulation and source triangulation. Based on the results of the study it can be concluded, the implementation of character values towards God is the character of faith and piety and sincerity, the character towards oneself is the character of discipline and patience. The method used in the implementation of divine and self-character, students have been led independently, while the learning method by exemplary clerics and teachers who interact actively every day is different from schools in general, habituation and giving advice or directions. Then the factors that influence character education are internal factors: instincts or instincts and habits, while external factors: education and the environment. Keywords: Implementation of Character Education, Miftahul Falah Islamic Boarding School Students Lampung. viii خالصة انذاخهيخ انًذاسط في ٔانزؼهيى انزشثيخ يٍ غيشِ ػٍ يخزهف رؼهيى ْٕ اإلعالييخ انذاخهيخ انًذاسط في انزؼهيى أٌ انؼاللخ نٓزِ ٔيًكٍ ، يغ ٔصيمخ ػاللخ نذيٓى انطالة ، َٕػٓب يٍ ٔفشيذح خبفخ خقبئـ نّ اإلعالييخ ب رؼضص ب يٕلفً رقجؼ ؽزٗ .كُظبو انؼيؼ ػهٗ يؼزبدٔا ؽزٗ انطالة في ليى غشط يزى .األخٕح يٍ ٔصيمً رؼهيى رطجيك يغزخذو .نهطالة انؾخقيخ رؼهيى رطٕيش في نهغبيخ فؼبنخ يؤعغخ اإلعالييخ انذاخهيخ انًذاسط يضبل اليجَٕظ ؽشق ، ثبسٔ يبربساو يُطمخ ، اإلعالييخ انذاخهيخ انفالػ يفزبػ يذسعخ في نهطالة انؾخقيخ يٍ انزؼهى ٔيكٌٕ .انيٕييخ انؾيبح في رُطجك انزي ٔانهٕائؼ األَؾطخ عذٔل خالل يٍ انزؼٕد ، األعزبر / انًؼهى انذيٍ ػهى إؽيبء ، ؽكى ، انًزؼهى رؼهيى ، انٓذايخ ثذايخ ، انؼٕاو ػمذح كزبة :يضم اآلداة في كزت خالل ؽخقيخ ركٕيٍ في انزشثٕيخ ٔانميى ٔانُزبئظ األعبنيت رُفيز يزى كيف ْٕ األطشٔؽخ ْزِ في انجؾش عؤال ْزِ رٓذف سيغُغي؟ اليجَٕظ ؽشق ، ثبسٔ يبربساو يُطمخ ، انذاخهيخ انفالػ يفزبػ يذسعخ في انطالة ثبسٔ يبربساو يُطمخ ، انذاخهيخ اإلعالييخ انفالػ يفزبػ يذسعخ في انطالة ؽخقيخ رُفيز ٔفف إنٗ انذساعخ في نهطالة ٔانُفظ هللا يغ انؾخقيخ ليى نزُفيز انًغزخذيخ األعبنيت نٕفف ، سيغُغي اليجَٕظ ؽشق ، يقبدس .اليجَٕظ إيغذ سيغُغي ، ثبسٔ يبربساو يُطمخ ، داخهيخ يذسعخ .اإلعالييخ انفالػ يفزبػ يذسعخ انًمبثالد ثبعزخذاو انجيبَبد عًغ ٔطشق ٔانضبَٕيخ األٔنيخ انجيبَبد يقبدس ْي انًغزخذيخ انجيبَبد .انًقذس ٔرضهيش انفُي انزضهيش ثبعزخذاو رؾهيهٓب رى صى .ٔانزٕصيك ٔانًالؽظخ ٔانزمٕٖ اإليًبٌ ففخ ْٕ هللا رغبِ انؾخقيخ ليى رطجيك أٌ االعزُزبط يًكٍ انذساعخ َزبئظ ػهٗ ثُب ًء انؾخقيخ رُفيز في انًغزخذيخ انطشيمخ .ٔانقجش االَضجبط ففخ ْي انزاد رغبِ ٔانؾخقيخ ، ٔاإلخالؿ انذيٍ سعبل لجم يٍ انزؼهى طشيمخ رخزهف ثيًُب ، يغزمم ثؾكم انطالة ليبدح رى ، ٔانؾخقيخ اإلنٓيخ أٔ انُقبئؼ ٔإػطبء ٔانزؼٕد ، ػبو ثؾكم انًذاسط ػٍ يٕو كم ثُؾبط يزفبػهٌٕ انزيٍ انًضبنييٍ ٔانًؼهًيٍ ، ٔانؼبداد انغشائض أٔ انغشائض :انذاخهيخ انؼٕايم ْي انؾخقيخ رؼهيى ػهٗ رؤصش انزي انؼٕايم صى .انزٕعيٓبد .ٔانجيئخ انزؼهيى :انخبسعيخ انؼٕايم ثيًُب .اليجَٕظ ، انذاخهيخ اإلعالييخ انفالػ يفزبػ يذسعخ طالة ، انؾخقيخ رؼهيى رُفيز :انًفزبؽيخ انكهًبد

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:03
Last Modified: 03 Oct 2023 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30494

Actions (login required)

View Item View Item