KOMUNITAS BINTANG ONTHEL CLUB DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA JATI BARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

AHDI, AZHARI (2023) KOMUNITAS BINTANG ONTHEL CLUB DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA JATI BARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHDI AZHARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Didirikannya suatu komunitas pada dasarnya untuk mewadahi atau memfasilitasi para anggota dalam mengekspresikan minat dan hobi mereka, tak hanya perkumpulan biasa, didalamnya juga terdapat aturan yang disepakati dan dipatuhi oleh setiap anggotanya. Komunitas bintang onthel club merupakan salah satu komunitas pecinta sepeda tua (onthel) yang berada di desa Jati Baru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagimana upaya-upaya komunitas bintang onthel club dalam mempertahankan eksistensinya di era modern seperti sekarang ini dan bagaimana kontribusi mereka terhadap kehidupan sosial keagamaan masyarakat desa Jatibaru. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga metode tersebut digabungkan dan dilakukan pengecekan kembali dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu, teknik ini disebut Triangulasi. Langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan, yaitu proses dari awal pendataan kemudian peneliti melakukan rangkuman atas permasalahan dilapangan, kemudian melakukan pencatatan hingga menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di desa Jatibaru kecamatan Tanjung bintang kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan teologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha mereka dalam mempertahankan eksistensinya dengan melakukan berbagai cara seperti: Perekrutan anggota baru dengan tujuan supaya dengan banyaknya anggota maka komunitas bintang onthel club bisa terus berdiri. Sosialisasi dengan tujuan agar masyarakat setempat mengetahui bahwa keberadaan komunitas ini ada ditengah-tengah mereka. Komunikasi yang bertujuan supaya para anggota bisa tetap kompak dan solid dalam setiap kegiatan yang mereka adakan komunikasi yang kuat juga dapat menghasilkan rasa kekeluargaan. Kontrol sosial dan alokasi kekuasaan dengan tujuan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak mereka kehendaki dengan melakukan kontrol sosial para anggota khusunya ketua dapat meminimalisir potensi konflik dalam komunitas, sedangkan alokasi kekuasaan bertujuan supaya kegiatan-kegiatan yang telah di agendakan bisa terus berjalan meski ada salah satu anggota yang berhalangan hadir. Kontribusi yang dilakukan oleh komunitas bintang onthel club terhadap kehidupan sosial keagamaan masyarakat desa jatibaru bejalan dengan baik, karena kontribusi mereka terhadap masyarakat selaras dengan kegiatan-kegiatan yang mereka adakan dalam bidang sosial seperti: santunan anak yatim, bagi sembako dan gotong royong. Dalam bidang keagamaan seperti: Gerakan sholat subuh berjamaah dan membantu dalam kegiatan hari besar islam. Kata Kunci: Komunitas, Onthel, Kontribusi Sosial Keagamaa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:47
Last Modified: 03 Oct 2023 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item View Item