HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN 2 TEGINENENG

ROHIMAH, Slamet Riyadi (2023) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN 2 TEGINENENG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROHIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Membaca permulaan adalah keterampilan membaca awal yang dapat mengenal suku kata, melafalkan huruf, dan memahami berbagai simbol berupa rangkaian huruf dalam tulisan dan gambar. Pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan membaca awal adalah pembelajaran yang dapat menarik pada anak, seperti pembelajaran membaca permulaan sambil bermain dan dengan menggunakan media. Kemampuan membaca penting dimiliki oleh siswa karena dapat membuka wawasan baru. Hasil belajar adalah salah satu alat ukur yang paling banyak digunakan untuk menentukan keberhasilan peserta didik dalam suatu proses belajar mengajar atau untuk menentukan keberhasilan suatu program pendidikan. Hasil belajar sebagai hasil yang telah dicapai seseorang setelah mengalami proses belajar dengan terlebih dahulu mengadakan evaluasi dari proses belajar yang dilakukan. Peserta didik SDN 2 Tegineneng keterampilan membaca siswanya cukup baik, sesuai dengan hasil belajar siswanya juga baik. Sesuai dengan latar belakang masalah yang ada maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara ketermapilan membaca permulaan dengan hasil belajar siswa kelas II di SDN 2 Tegineneng. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keterampilan membaca permulaan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN 2 Tegineneng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi atau hubungan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ranah afektif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi produk moment, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel Keterampilan membaca permulaan (X) adalah 0,63 dengan kriteria reliabilitas tinggi, dan variabel hasil belajar siswa (Y) adalah 0.72 dengan kriteria reliabilitas tinggi, adanya hubungan antara keterampilan membaca permulaan dengan hasil belajar siswa di peroleh nilai korelasi antara keterampilan membaca permulaan X hasil belajar memiliki nilai 0,658 yang berada pada kategori kuat dan sama-sama berkorelasi. Hal ini menunjukan bahwa “ada hubungan antara keterampilan membaca permulaan dengan hasil belajar siswa kelas II di SDN 2 Tegineneng”. Kata Kunci : keterampilan membaca permulaan dengan hasil belajar iii ABSTRACT beginning reading is an initial reading skill that can recognize syllables, pronounce latters, and understand varios symbols in the form of a serries of latters in writing and pictures. Learning that can stimulate early reading skills is learning that can be interesting for children, such as learning to read early while playing and using media. Reading skills are important for students to have because they can open up new inisights. Learning outcomes are one of the most widely used measuring tools to determine the success of students in a teaching and learning process or to determine the success of an educational program. Learning outcomes are the results that a person has achieved after experiencing the learning process, first conducting an evaluation of the learning process carried out. The students at SDN 2 Tegineneng reading skills are quite good, in accordance with the students learning outcomes which are also good. In accordance with the background of the existing problem, the problem formulation in this research is whether there is a relationship between initial reading skills and the learning otcomes of class II students at SDN 2 Tegineneng. The purpose of this research is to find out whether there is a reletionship between initial reading skills so that it can improve the learning outcomes of class II students at SDN 2 Tegineneng. This type of research is quantitative research of the correlation or relationship type, the approach used in this research is the affective domain. The population in this study was class II students with a total of 13 students. The data collection techniques used were observation, tests, interviews and documentation. The data analysis tecnique uses in this research used the product moment correlation formula, based on the research results, it is known that the initial reading skills variable (X) is 0.63 with high reliability criteria, and the student learning otcome variable (Y) is 0.72 with high reliability criteria. There is a relationship between initial reading skills and student learning outcomes. The correlation value between initial reading skills X learning outcomes has a value of 0.658 which is in the strong category and equally correlated. This shows that “there is a relationship between initial reading skills adn the learning outcomes of class II students at SDN 2 Tegineneng”. Keywords: beginning reading skills with learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:42
Last Modified: 03 Oct 2023 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30491

Actions (login required)

View Item View Item