IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Maulidia, Khoirinma Alfiany (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MAULIDIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menganalisis, memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik. Penilitian ini berbicara tentang Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran di MA Al-Hikmah Bandar Lampung, dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran dan bagaimana penilaian hasil belajar di MA Al�Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, Tekhnik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan tekhnik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang ada di MA Al-Hikmah Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus dan perangkat perencanaan pembelajaran yang lainnya yang diterapkan sudah sesuai dengan indikator dalam teori Rusman yang penulis gunakan. Dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup tenaga pendidik melaksanakannya dengan baik, hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menyebutkan bahwa pada saat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup sudah sesuai dengan langkah�langkah yang terdapat di RPP yang sudah dipersiapkan sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung menjadi efektif dan efisien. Sedangkan untuk penilaian hasil pembelajaran juga sudah terlaksana dengan baik, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator Manajemen Mutu Pembelajaran dari teori Rusman. Kata kunci : Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran iii ABSTRACT Learning is an activity carried out to analyze, facilitate, and increase the intensity and quality of learning in students. This research talks about the Implementation of Learning Quality Management at MA Al-Hikmah Bandar Lampung, with the aim of the research, namely to find out how to plan lessons, how to implement learning and how to assess learning outcomes at MA Al-Hikmah Bandar Lampung. This research is a qualitative descriptive, data collection techniques by way of observation, interviews and documentation. As well as data sources used are primary data sources and secondary data sources. Data analysis in this study is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. While testing the validity of the data was carried out using the source triangulation technique. The results of the study show that the learning planning in MA Al-Hikmah Bandar Lampung has been implemented well, this is because the learning planning in the form of lesson plans, syllabus and other learning planning tools that are applied are in accordance with the indicators in Rusman's theory that the author uses. In the Process of Implementing Learning in the preliminary activities, core activities, and closing activities the educators carry out well, this can be seen from the results of interviews with students and the results of observations made by researchers stating that during the preliminary activities, core and closing activities are in accordance with the steps -the steps contained in the lesson plans that have been prepared so that when the learning process takes place it becomes effective and efficient. Meanwhile, the assessment of learning outcomes has also been carried out well, the assessment carried out has met the indicators of Learning Quality Management from Rusman's theory. Keywords : Implementation of Learning Quality Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:32
Last Modified: 03 Oct 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30490

Actions (login required)

View Item View Item