TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI KALANGAN NELAYAN (Studi di Desa Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat)

MIRA, NOVIA LENA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI KALANGAN NELAYAN (Studi di Desa Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIRA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat Desa Biha ternyata banyak terjadi orang yang dipandang tidak harmonis, dan penulis telah menemukan ada 25 pasang suami istri dan dalam hal ini bahkan bisa terjadi perceraian. Banyak faktor yang menemukan dari ketidakharmonisan nelayan. Faktor yang menyebabkan ketidakharmonisan rumah tangga disebabkan karena kurangnya kasih sayang antar anggota, tidak saling pengertian, kurang kesejahteraan dan macamnya konflik dalam keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana keharmonisan rumah tangga di kalangan nelayan di Desa Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan rumah tangga di kalangan nelayan di desa Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keharmonisan rumah tangga di kalangan nelayan di Desa Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan rumah tangga di kalangan nelayan di desa Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian skripsi ini termasuk penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengumpulkan data yang diteliti dalam suatu penelitian dapat berwujud data dan diperoleh melalui bahan-bahan kepustakaan yang berhubungan penelitian serta dianalisis dengan menggunakan metode induktif. Adapun upaya yang belum dilakukan oleh masyarakat di Desa Biha dikalangan nelayan untuk keharmonisan keluarga yaitu menciptakan komunikasi yang baik, mebagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa keharmonisan rumah tangga dikalangan nelayan di Desa Biha dengan cara membentuk kuantitas dan kualitas konflik yang minim dan juga dapat mengaktualisasikan diri sehingga terciptanya rasa saling menghargai antar anggota keluarga, menciptakan komunikasi yang baik, menerapkan bahwa keluarga merupakan teamwork, meluangkan waktu meskipun sibuk nelayan hal ini akan menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga bagi masyarakat nelayan di Desa Biha. Tinjauan hukum Islam tentang keharmonisan rumah tangga dikalangan nelayan di Desa Biha belum sesuai dengan standar dan konsep penerapan agar terciptanya rumah tangga harmonis menurut ajaran Islam. Oleh karena itu, mayoritas dari rumah tangga dikalangan nelayan di Desa Biha belum dapat mewujudkan rumah tangga harmonis. Kata Kunci: Hukum Islam, Keharmonisan Rumah Tangga, Nelayan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:23
Last Modified: 03 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30486

Actions (login required)

View Item View Item