PERAN DINAS SOSIAL DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI ANAK JALANAN YANG BEKERJA DI BAWAH UMUR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung)

DENI, YOLANDA (2023) PERAN DINAS SOSIAL DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI ANAK JALANAN YANG BEKERJA DI BAWAH UMUR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DENI YOLANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anak jalanan adalah anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari di jalanan, baik untuk mencari nafkah atau berkeliaran di jalan dan tempat-tempat umum lainnya. Anak jalanan mempunyai ciri-ciri berusia antara 5 sampai dibawah 18 tahun, penampilannya kebanyakan kusam dan pakaian tidak terurus, mobilitasnya tinggi. Keberadaan anak jalanan, gelandangan dan pengemis dengan menggunakan jalan tidak sesuai dengan fungsi jalan karna dapat mengganggu keselamatan, keamanan dan kelancaran lalu lintas, hal tersebut tidak dapat dianggap sebagai suatu bentuk kewajaran dan perlu ditanggulangi secara berkesinambungan dan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik di lingkup pemerintah kota maupun oleh masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini peran Dinas Sosial sebagai salah satu wadah dalam menangani permasalahan seperti ini sangat dibutuhkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam mencegah dan menanggulangi anak jalanan yang bekerja di bawah umur? 2) Bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap Peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam mencegah dan menanggulangi anak jalanan yang bekerja di bawah umur? Dengan tujuan untuk mengetahui peran Dinas sosial Kota Bandar Lampung dalam mencegah dan menanggulangi anak jalanan yang bekerja di bawah umur dan perspektif fiqh siyasah terhadap Peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam mencegah dan menanggulangi anak jalanan yang bekerja di bawah umur. Penelitian ini adalah penelitian jenis Field Research yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan normatif yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota Dinas Sosial Bandar Lampung di bidang Rehabilitasi yang berjumlah 4 (empat) orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelenggraan Perlindungan Anak dan diperoleh hasil bahwa peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung telah di jalankan secara maksimal, hal ini dapat dilihat dengan perannya yaitu melakukan penertiban dengan cara diserahkan ke POL-PP (menegakkan perda), kemudian apabila mereka dianggap mengganggu maka akan ditangkap dan dibawa ke Dinas Sosial kemudian dibina dan selama ditangkap maka diberikan siraman rohani, diberikan pelatihan dan diberikan pengajaran�pengajaran yang bermanfaat. Kaitannya dengan perspektif fiqh siyasah, peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung sudah berjalan sesuai dengan hukum Islam. Dalam hukum Islam anak jalanan berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak, berhak untuk hidup berkembang, mendapatkan perlindungan dan memperoleh pendidikan. Salah satu peran Dinas Sosial adalah melakukan perlindungan untuk melindungi dan membina anak-anak jalanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:24
Last Modified: 03 Oct 2023 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30482

Actions (login required)

View Item View Item