ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Study Pada Pekon Bedudu Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat )

KRISNA, JERI FEBRIYADI (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Study Pada Pekon Bedudu Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KRISNA JERI FEBRIYADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemiskinan merupakan permasalahan yang dihadapi oleh semua negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Salah satu cara untuk mengatasi kemiskinan dapat melalui program bantuan stimulant perumahan swadaya (BSPS) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyrakat miskin akan kebutuhan rumah layak huni, yang masih menjadi masalah dalam program BSPS ini adalah jumlah nominal bantuan yang kecil dan juga masih sering ditemukannya ketidaktepatan penerima program bantuan . Untuk itu kita perlu mengetahui seberapa efektifnya program bantuan BSPS terhadap pengentasan kemiskinan di pekon Bedudu? Apa saja yang menhadi faktor pendorong diadakannya program BSPS di pekon Bedudu? Dan juga bagaimana pandangan ekonomi islam mengenai program bantuan BSPS terhadap pengentasan kemiskinan di pekon Bedudu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program bantuan BSPS terhadap pengentasan kemiskinan di pekon Bedudu, mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendorong diadakannya program bantuan BSPS di pekon Bedudu dan juga untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi islam mengenai program bantuan BSPS terhadap pengentasan kemiskinan di pekon Bedudu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, efektivitas program BSPS yang di ukur melalui lima indikator yaitu pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Terdapat tiga indikator yang tidak terpenuhi yaitu pemahaman program, ketepatan sasaran dan juga ketetpatan waktu. Selain itu masih terlalu kecilnya besaran bantuan yang diterima. Sehingga program BSPS yang sudah berjalan masih belum bisa dikatakan efektif dalam mengentaskan kemiskinan yang ada di pekon Bedudu. Dilihat dari nilai-nilai Ekonomi Islam program bantuan BSPS di pekon Bedudu sudah menerapkan prinsip-prinsip ekonomi islam dalam penerapan bantuannya, Adapun prinsip yang diterapkan yaitu tolong-menolong, tanggung jawab, dan juga maslahah. Mungkin yang perlu ditingkatkan lagi adalah prinsip keadilan karena masih ditemukan nya ketidaktepatan dalam penerima program bantuan. Kata kunci : Efektivitas, Kemiskinan, Program BSPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:41
Last Modified: 03 Oct 2023 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30479

Actions (login required)

View Item View Item