TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DESA DAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (LPMD) DALAM PENGEMBANGAN DI DESA (Studi di Pemerintahan Desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di Desa Bumi Pratama Mandira)

MUHAMMAD, RIZQI YUDISTIRA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DESA DAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (LPMD) DALAM PENGEMBANGAN DI DESA (Studi di Pemerintahan Desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di Desa Bumi Pratama Mandira). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I DAN BAB II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of MUHAMMAD RIZQI YUDISTIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa merupakan lembaga pemerintah yang mengayomi dan mengatur masyarakat dalam wilayah tertentu. Selanjutnya, disebut desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. Desa memiliki kewenangan untuk mengatur desanya secara mandiri termasuk bidang sosial, politik maupun ekonomi. Bagi desa, otonomi yang dimiliki berbeda dengan otonomi yang dimiliki oleh daerah provinsi maupun daerah kabupaten atau kota. Otonomi yang dimiliki oleh desa adalah berdasarkan asal-usul dan adat istiadatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana peran Pemerintah Desa dan Lembaga Pemberdayaan masyarakat dalam proses pembangunan di Desa Bumi Pratama Mandira dan Bagaimana pandangan Fiqh Siyasah mengenai peran pemerintah desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam proses pembangunan di Desa Bumi Pratama Mandira. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yaitu tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesa tertentu melainkan untuk menemukan gambaran mengenai peran lembaga pemberdayaan masyarakat. Data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari keterangan informan yaitu orang-orang yang dianggap mengetahui dan bisa dipercaya dalam memberikan informasi yang akurat dengan menggunakan dua macam data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung ke lokasi penelitian, wawancara secara mendalam dan dokumentasi di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini adalah bahwa peran Pemerintah Desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pengembangan di Desa Bumi Pratama Mandira sudah dijalankan sesuai dengan tugas dan program kerja yang ada walaupun masih adanya kekurangan sedikit di beberapa sektor pembangunan. Hal tersebut diperkuat oleh keterangan masyarakat setempat yang mengatakan bahwa pemerintah desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Bumi Pratama Mandira sudah mengemban tugas atau perannya dengan baik serta melaksanakan kegiatan yang berorientasikan pada kegiatan pembangunan dan pengembangan desa walaupun masih adanya kekurangan atau belum rampungnya pembangunan di beberapa sektor yang masih dalam proses pengerjaan. Sedangakan dalam tinjauan fiqh siyasah pemerintah desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Bumi Pratama Mandira dalam menjalankan perannya sudah sesuai dengan tinjauan fiqh siyasah itu sendiri walaupun belum sepenuhnya, yakni untuk mewujudkan kemaslahatan umat sesuai dengan syariat islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:29
Last Modified: 02 Oct 2023 08:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30476

Actions (login required)

View Item View Item