ANALISIS PENGGUNAAN METODE SPEED READING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN HAJI PEMANGGILAN

HESSY, AJENG NATASYA (2023) ANALISIS PENGGUNAAN METODE SPEED READING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN HAJI PEMANGGILAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Keterampilan membaca wajib dimiliki peserta didik pada tingkat sekolah dasar sebab keterampilan ini berhubungan dengan semua cara peserta didik belajar di sekolah dasar dan lingkungan sekitar. Keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan untuk meningkatkan pengetahuan siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan mereka membaca. Oleh karena itu pengajaran membaca mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam proses belajar mengajar disekolahstudi Internional menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca siswa Indonesia berada pada peringkat ke- dari negara. Skor rata- rata membaca yang diperoleh siswa Indonesia adalah . Berdasarkan hasil pada wawancara dan hasil observasi, dapat di simpulkan bahwa penyebab masalah dalam pembelajaran yang dihadapi para peserta didik kelas V di SDN Haji Pemanggilan dalam hak membaca diantaranya, masih banyak peserta didik yang masih belum lancar arau fasih dalam membaca, dimana masih terdapatpenggunaan metode suku kata dan peserta didik belum mampu membaca cepat.Sehingga para peserta didik juga masih mengalami kesulitan untuk memahami apa yang mereka baca, hal ini disebabkan karena pendidik di kelas belum menerapkan metode speed reading dalam proses pembelajaran, selain itu pendidik juga masih menggunakan metode membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN Haji Pemanggilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. sumber data yang diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Informan adalah Pendidik dan peserta didik dilingkungan SD Negeri Haji Pemanggilan. Dokumen yang menjaadi sumber data adalah segala jenis dokumen baik berupa foto, file, maupun lembatan yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN Haji Pemanggilan. Data yang diperoleh dari pengamatan langsung dilapangan, dan data yang diperoleh melalaui dokumen perencanaan pembelajaran, dan berdasarkan teknik pengumpulan data Triangulasi yang merupakan gabungan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dari ke - iv peserta didik dapat disimpulkam dari ke enam peserta didik yang ada, sudah banyak peserta didik yang mampu memahami isi teks bacaan yang sudah pernah dibaca. Meskipun mamsih mebutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami isi bacaan tersebut. Peserta didik juga dapat di kategorikan cukup mampu dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam isi teks baacaan. Cara yang dapat di lakukan oleh guru ataupun orang tua agardapat meningkatkan peserta didik kemampuan mebaca adalah dengan cara mengulangi bacaan yang sudah dibaca, dengan sering- sering membaca, dan dengan rajin membaca, seperti membaca buku cerita, dongeng, ataupun buku-buku bergambar lainnya. Dengan mempunyai kemampuan membaca peserta didik dapat memiliki pengetahuan baru, memilikii pengetahuan luas, dpat memahami isi bacaan, dan dapat menjadi orang yang pintar. Peserta didik dapat menjadi orang yang bodoh, sulit untuk belajar, sulit untuk memahami isi bacaan dan sulit untuk berinterksi dengan orang lain jika tidak mempunyai kemampuan membaca. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode Speed Reading. v ABSTRACT Reading skills are mandatory for students at the elementary school level because this skill is related to all the ways students learn in elementary schools and the surrounding environment. Students' success in participating in learning and increasing students' knowledge is greatly influenced by their ability to read. Therefore, teaching reading has a very strategic position in the teaching and learning process in schools. International studies show that the reading literacy skills of Indonesian students are ranked th out of countries. The average reading score obtained by Indonesian students is . Based on the results of interviews and observations, it can be concluded that the cause of problems in learning faced by class V students at SDN Haji Pemanggilan regarding the right to read is that there are still many students who they are still not fluent or fluent in reading, where there is still the use of the syllable method and students are not yet able to read quickly. So students also still have difficulty understanding what they read, this is because educators in the classroom have not implemented the speed reading method in learning process, apart from that educators also still use the syllabic reading method. This research aims to analyze the use of the speed reading method in improving reading comprehension skills in Class V Indonesian language subjects at SDN Haji Pemanggilan. This type of research is qualitative descriptive research. data sources obtained from informants, places and events, and documents. The informants are educators and students at SD Negeri Haji Pemanggilan. The documents that are the data source are all types of documents in the form of photos, files, or tablets related to class V Indonesian language learning at SDN Haji Pemanggilan. Data obtained from direct observation in the field, and data obtained through learning planning documents, and based on the Triangulation data collection technique which is a combination of interviews, observation and documentation. Based on the research results, it can be concluded from -It can be concluded that from the six students, there are many students who are able to understand the contents of the reading texts they have read. Although it still takes quite a long time to understand the contents of the reading. Students can also be categorized as quite capable of vi solving problems contained in the content of the reading text. Ways that can be done by teachers or parents to improve students' reading skills are by repeating what they have read, by reading frequently, and by reading diligently, such as reading story books, fairy tales, or other picture books. By having the ability to read, students can gain new knowledge, have broad knowledge, can understand the content of the reading, and can become smart people. Students can be stupid, difficult to learn, difficult to understand the content of reading and difficult to interact with other people if they do not have the ability to read. Keywords: Reading Comprehension Ability, Speed Reading Method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:18
Last Modified: 02 Oct 2023 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30475

Actions (login required)

View Item View Item