TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 MENURUT SURAT EDARAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR: HK/.02.01/MENKES/334/2020 (Studi di Kepolisian Sektor Kalirejo Lampung Tengah)

Alfirizky, Charisma Alto (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 MENURUT SURAT EDARAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR: HK/.02.01/MENKES/334/2020 (Studi di Kepolisian Sektor Kalirejo Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Alfirizky Charisma Alto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wabah Covid-19 melanda Indonesia sehingga Menteri Kesehatan RI mengeluarkan surat edaran Nomor: HK/.02.01 /MENKES /334/2020 Tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) Bagi aparat yang melaksanakan tugas pengamanan dan penertiban, yang isinya di sampaikan kepada seluruh Pimpinan Kementrian/Lembaga, Pimpinan Pemerintah Daerah, Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Panglima TNI agar Menginstruksikan kepada seluruh jajaran unit/organisasi masing-masing untuk menerapkan pencegahan penularan Covid-19 bagi aparat yang melaksanakan tugas Pengamanan dan Penertiban. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Sumber Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi dan dokumentasi. Adapun rumusan masalah (1) Bagaimana Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Menurut Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor:Hk/.02.01/Menkes /334/2020 di Kepolisian Sektor Kalirejo Lampung Tengah ?. (2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Kepolisian Sektor Kalirejo Lampung Tengah ? Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Menurut Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor: Hk/.02.01/Menkes /334/2020 di Kepolisian Sektor Kalirejo Lampung Tengah secara umum belum terlaksanan secara keseluruhan. Penyebab tidak terlaksananya protokol kesehatan di Polsek Kalirejo karena anggota yang tidak disiplin, cakupan wilayah yang luas, meningkatnya gangguan Kamtibmas dan jumlah personil yang sedikit. Cakupan wilayah yang luas membuat anggota Polsek Kalirejo bekerja dengan optimal, belum lagi ketika pandemi terjadi gangguan Kamtibmas meningkat dan jumlah personil yang hanya 19 orang yang mengayomi 16 Desa dalam satu Kecamatan. Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Di Kepolisian Sektor Kalirejo Lampung Tengah, seharusnya mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Mentri Kesehatan, untuk menjamin semua selamat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tugas pemimpin untuk meniadakan kemungkaran tercantum dalam Hadis riwayat Bukhari No.844 Pemimpin atau pemelihara yang selalu berusaha untuk menciptakan kemaslahatan bagi setiap anggota yang berada dalam pemeliharaannya. Kata kunci : Fiqh siyasah, Covid-19, Surat edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor: Hk/.02.01/Menkes /334/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:59
Last Modified: 29 Sep 2023 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30455

Actions (login required)

View Item View Item