TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan)

RINA, YULIZA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINA YULIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan sampah adalah kegiatan sestematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Permasalahan-permasalahan tersebut meliputi tingginya laju timbunan sampah, kepedulian masyarakat yang masih sangat rendah serta masalah pada kegiatan pembuangan akhir sampah. Seperti yang terjadi di Kecamatan Katibung, terutama di Desa Rangai Tritunggal, Desa Pardasuka, Sukajaya, dan Desa Tanjungan. Tetapi yang menjadi permasalahan terbesar adalah Desa Rangai Tritunggal dimana setiap kali musim hujan selalu mengalami banjir bahkan sampai jalan raya, dan juga tumpukan-tumpukan sampah yang meluap dari laut maupun gorong-gorong. Hal ini terjadi karena tidak adanya tempat pembuangan sampah sementara yang seharusnya disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan dan bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah Tanfidziyah terhadap Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan. Serta tujuan dari permasalahan ini untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan dan untuk mengetahui Tinjauan Fiqih Siyasah Tanfidziyah terhadap Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Dalam pengumpulan data metode purposive sampling dipilih untuk menentukan sampel penelitian. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif iii Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, Implementasi yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup dalam pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 02 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah belum efektif, karena sampah yang tidak diolah dengan baik melainkan ditimbun tanpa adanya pemisahan pada lingkungan sekitar. Karena, sarana dan prasarana dalam pegelolaan tersebut tidak memadai, baik dari segi financial (keuangan), maupun sosialisasi yang masih kurang diberikan kepada masyarakat. Dalam Pandangan fiqh siyasah tanfidziyah pengelolaan sampah yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan tidak sesuai dengan syariat Islam, karena belum memenuhi prinsip-prinsip keadilan, kemaslahatan masyarakat, dan penegakan ketertiban. Kata kunci: Pengelolaan Sampah, Peraturan Daerah, Siyasah Tanfidziyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:48
Last Modified: 29 Sep 2023 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30454

Actions (login required)

View Item View Item