TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PERBEDAAN HARGA PADA RAK PRODUK DENGAN STRUK KASIR (Studi di Alfamart Pekon Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat)

CAHYA, MITARA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PERBEDAAN HARGA PADA RAK PRODUK DENGAN STRUK KASIR (Studi di Alfamart Pekon Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CAHYA MITARA....pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberian label harga dalam produk diperlukan agar konsumen tidak keliru dalam memilih dan menentukan produk yang akan dibeli, label harga ini disampaikan pada konsumen baik itu ditempelkan pada rak maupun ditempelkan pada produk. Label harga yang tercantum pada produk di Alfamart pekon Penengahan merupakan informasi yang perlu diketahui oleh konsumen. Jual beli di Alfamart Pekon Penengahan ditemukan sebuah produk yang harganya tidak sesuai pada label rak produk dengan harga pada struk kasir disebabkan oleh kurang telitinya karyawan Alfamart dan menyebabkan kerugian yang dialamai beberapa konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perlindungan konsumen atas perbedaan harga dalam produk yang tidak sesuai dengan harga pada rak dengan harga di struk kasir di Alfamart Pekon Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat? Bagaimana Tinjauan hukum Islam terhadap perbedaan harga dalam produk yang tidak sesuai dengan harga pada rak produk dengan harga di struk kasir di Alfamart Pekon Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data sekunder dan data primer dengan metode pengumpulan data wawancara, dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tentang perlindungan konsumen atas perbedaan harga dalam produk yang tidak sesuai dengan harga pada rak dengan harga di struk kasir di Alfamart Pekon Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat, dan menganalisis, Tinjauan hukum Islam terhadap perbedaan harga dalam produk yang tidak sesuai dengan harga pada rak produk dengan harga di struk kasir di Alfamart Pekon Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat. Hasil penelitian Perselisihan yang terjadi mengenai perbedaan harga antara rak dan harga struk, yang mengakibatkan terjadinya suatu keganjalan yang terjadi, karena perbedaan harga yang tidak iii sesuai yang terjadi di Alfamart Pekon Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat. Perlindungan terhadap konsumen sebagai bentuk upaya yaitu permohonan maaf dan memberikan uang ganti rugi yang ditujukan karyawan Alfamart terhadap konsumen yang merasa dirugikan oleh pihak Alfamart, serta pihak Alfamart langsung mengganti label harga yang tidak sesuai agar konsumen merasa nyaman untuk kembali berbelanja di Alfamart. Dalam aturan hukum Islam jual beli yang tidak mengutamakan kejujuran dalam hal perdagangan dianggap dapat mendatangkan mudarat. Agama Islam sendiri menganjurkan kepada kita untuk melakukan jual beli yang sesuai syari’at Islam. Dalam aturan hukum Islam juga manusia telah dilarang memakan harta yang diperoleh dengan jalan batil yaitu dengan cara menipu, mencuri, dan jual beli yang tidak sah. Kata kunci : Konsumen, Label, Jual Beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:35
Last Modified: 29 Sep 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item View Item