MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA FAJAR BARU JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

NURHASANAH, IDA (2018) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA FAJAR BARU JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_IDA_NURHASANAH.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Metode proyek adalah metode yang digunakan untuk melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.perkembangan sosial emosional sebagai bentuk kemampuan seorang anak dalam melakukan hubungan sosial atau bermasyarakat. Penggunaan metode proyek dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dirasa sangat tepat, karena metode proyek menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode proyek khususnya pada aspek kesadaran diri, rasa tanggung jawab, dan perilaku prososial. Penelitian ini dijalankan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan 2 orang guru dan 13 anak didik di kelas A. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode proyek bukan hanya menyediakan alat atau bahan yang menarik tetapi memberikan arahan dan contoh dalam melakukan kegiatan proyek. Melalui metode proyek anak dapat membangun rasa kerjasama dengan kelompoknya, melatih rasa percaya diri anak, serta meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Dalam hal ini yang pertama kali guru lakukan dalam melaksanakan kegiatan proyek yaitu (1)Menetapkan tujuan dan tema kegiatan proyek, (2)Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, (3)Mengelompokkan anak menjadi beberapa kelompok, (4)Mengatur langkah-langkah kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, (5)Menetapkan rancangan penilaian kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:44
Last Modified: 19 Jan 2018 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3045

Actions (login required)

View Item View Item