STRATEGI KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA CALON JAMAAH HAJI

Yuli, Safrianti (2023) STRATEGI KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA CALON JAMAAH HAJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULI SAFRIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan bagi calon jamaah haji merupakan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan ibadah haji. Kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepuasan dan pengalaman jamaah haji dalam melaksanakan ibadah. Kemenag Kota Bandar Lampung memiliki visi dan misi untuk optimalnya pelayanan dan penyelenggaraan haji dan umrah bagi masyarakat. Ditemukan bahwa pelayanan yang optimal bagi calon jamaah haji melibatkan aspek-aspek seperti informasi, pembinaan, dan perlindungan. Peneliti akan melihat secara lebih detail tentang strategi kementerian agama kota bandar lampung dalam meningkatan pelayanan bagi calon jamaah haji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan sesuai dengan kenyataan atau apa adanya, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa strategi pelayanan yang diterapkan kementrian agama kota Bandar lampung adalah dengan memberikan pelayanan yang baik, nyaman dan transparan, tanpa biaya serta memahami karakter dari setiap calon jamaah haji, memberikan informasi yang komprehensif mengenai penyelenggara ibadah haji kepada calon jamaah haji, melakukan pembinaan di tingkat kota dan kecamatan, memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon jamaah haji untuk melaksanakan ibadah haji, dilakukan kuesioner setelah pelaksanaan manasik haji, dengan tujuan menilai pemahaman calon jamaah haji terkait informasi yang disampaikan melalui kegiatan dakwah dan berkerjasama dengan penyuluh agama dan lembaga pembimbing haji bersertifikat dalam rangka memberikan pelayanan yang holistik kepada calon jamaah haji. Kata Kunci : Strategi, Pelayanan, Jamaah Haji iii ABSTRACT Service for prospective pilgrims is one of the important aspects in organizing the pilgrimage. Good service quality can increase the satisfaction and experience of pilgrims in carrying out their worship. The Ministry of Religion of Bandar Lampung City has a vision and mission for optimal service and organization of Hajj and Umrah for the community. It was found that optimal service for prospective hajj pilgrims involves aspects such as information, coaching, and protection. Researchers will look in more detail at the strategy of the ministry of religion for the city of Bandar Lampung in improving services for prospective pilgrims. This research is a qualitative research that is descriptive in nature, namely describing according to reality or what it is, data collected through observation, interviews and documentation. The techniques used in data analysis are data collection, data reduction, data display and drawing conclusions. The results of this study indicate that the service strategy implemented by the Ministry of Religion of the city of Bandar Lampung is to provide good, comfortable and transparent service, free of charge and understand the character of each prospective pilgrim, provide comprehensive information regarding the organizers of the pilgrimage to prospective pilgrims, conduct coaching at the city and sub-district level, provide knowledge and skills to prospective pilgrims to carry out the pilgrimage, conduct questionnaires after the implementation of the Hajj rituals, with the aim of assessing the understanding of prospective pilgrims regarding the information conveyed through da'wah activities and collaborating with religious instructors and certified Hajj advisors institutions in order to provide holistic services istik to prospective pilgrims. Keyword : Strategy, Service, Hajj Pilgrims

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:26
Last Modified: 29 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30449

Actions (login required)

View Item View Item