PENGEMBANGAN BUKU AJAR 3D (TIGA DIMENSI) DILENGKAPI POP UP BOOK DAN BONEKA JARI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE-2

AJIE, PANGESTU GANIANSYAH (2023) PENGEMBANGAN BUKU AJAR 3D (TIGA DIMENSI) DILENGKAPI POP UP BOOK DAN BONEKA JARI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE-2. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AJIE PANGESTU GANIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, kurangnya media pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik sebagai penunjang saat pelaksanaan pembelajaran, adanya kejenuhan yang dirasakan peserta didik saat proses pembelajaran karena media yang digunakan hanya buku tematik dan vidio pembelajaran saja. Sehingga peneliti akan mengembangkan sebuah media buku tiga dimensi dilengkapi pop up book dan boneka jari pada pembelajaran tematik kelas v tema lima subtema satu pembelajaran kedua, adalah seperangkat buku yang dikemas untuk menciptakan kegiatan belajar lebih menyenangkan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, serta respon peserta didik terhadap media buku tiga dimensi dilengkapi pop up book dan boneka jari pada pembelajaran tematik kelas v tema lima subtema satu pembelajaran kedua. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti ialah penelitian pengembangan dengan meggunakan model ADDIE yaitu analisi (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan dengan beberapa ahli yakni dua validator media, dua validator bahasa, dan dua validator bahasa, serta dua pendidik. Uji coba skala kecil denga 25 peserta didik di SD N 1 Pajaresuk dan uji coba skala besar dengan 32 peserta didik di MIN 1 Bandar Lampung. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa media buku tiga dimensi dilengkapi pop up book dan boneka jari pada pembelajaran tematik kelas v tema lima subtema satu pembelajaran kedua memperoleh hasil rata-rata dari ahli media 81% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”, kemudian ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 89% dengan kategori “sangat layak”, dan ahli materi memperoleh hasil rata-rata 93% dengan “sangat layak”. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik memperoleh hasil rata-rata 98% dengan kategori “sangat layak”, respon peserta didik skala kecil memperoleh hasil rata-rata 89% termasuk dalam kategori sangat layak, dan respon peserta didik skala besar memperoleh hasil rata-rata iii 94% termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hal ini menunjukan media buku tiga dimensi dilengkapi pop up book dan boneka jari pada pembelajaran tematik kelas v tema lima subtema satu pembelajaran kedua layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Boneka jari, Media pembelajaran, Pop Up Book, Tematik iv ABSTRACT This research is based on the problem, namely, the lack of learning media, especially in thematic learning to support the implementation of learning, the boredom felt by students during the learning process because the media used are only thematic books and learning videos. So the researcher will develop a three-dimensional book media equipped with pop up books and finger puppets in class V thematic learning, theme five, subtheme one, second learning, which is a set of books packaged to create more enjoyable learning activities. This research was conducted with the aim of determining the level of feasibility, as well as students' responses to three�dimensional book media equipped with pop up books and finger puppets in class V thematic learning with themes five subthemes one second lesson. This research was carried out by researchers, namely development research using the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. Feasibility validation was carried out with several experts, namely two media validators, two language validators, and two language validators, as well as two educators. Small scale trial with 25 students at SD N 1 Pajaresuk and large scale trial with 32 students at MIN 1 Bandar Lampung. Based on these stages, it can be concluded that three�dimensional book media equipped with pop up books and finger puppets in class V thematic learning, theme five, subtheme one, second learning obtained an average result from media experts of 81% which was included in the "very feasible" category, then Linguist experts obtained an average result of 89% in the "very adequate" category, and material experts obtained an average result of 93% with "very adequate". The assessment carried out by educators obtained an average result of 98% in the "very feasible" category, the response of small scale students obtained an average result of 89% which was included in the very feasible category, and the response of large scale students obtained an average result of 94% included in the v “very feasible” category. This shows that three-dimensional book media equipped with pop up books and finger puppets in class V thematic learning, theme five, subtheme one, second learning is suitable for use in the learning process. Keywords: Finger puppets, learning media, Pop Up Book, Thematic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:16
Last Modified: 29 Sep 2023 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item