TINJAUAN SIYASAH IDARIYAH TERHADAP PERAN PEMERINTAHAN DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT (Studi Di Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat)

M., Hirwandi (2023) TINJAUAN SIYASAH IDARIYAH TERHADAP PERAN PEMERINTAHAN DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT (Studi Di Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1.2& dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. HIRWANDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran pemerintahan Desa dalam meningkatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat. Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Pasal 4 Huruf F tentang Desa yang berbunyi: meningkatkan pelayanan publik bagi warga masyarakat Desa guna mempercepat perwujudan kesejahteraan umum. Tetapi kenyataannya yang penulis lihat di lapangan ialah tidak jelasnya waktu pelayanan yang diberikan, tidak difungsikannya kantor Kepala Desa dimana ketersediaannya fasilitas sarana dan prasarana di kantor Kepala Desa yang tidak ada, kualitas sumber daya manusia yang kurang memadai, serta lambat dalam memberikan pelayanan. Hal yang demikian sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Pemerintahan Desa dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan wewenangnya, tidak terlepas dari peran pelaksanaan administrasi pemerintahan itu sendiri, yang dilaksanakan untuk mengelola segenap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengangkat data langsung dari lapangan (Field Research), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan pelayanan administrasi, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan dasar hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi Desa. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendesripsikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 orang, dari populasi 110 orang yang terdiri dari 50 aparatur Desa dan 60 masyarakat Desa. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode wawancara, dokumentasi, serta teknik pengolahan data melalui tiga tahapan yaitu pemeriksaan data (editing), rekonstruksi data (reconstrukting), dan sistematis data (systematizing). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintahan Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat belum berjalan secara optimal, hal ini terlihat dari pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang cenderung lama, tidak adanya fasilitas sarana dan prasarana di kantor Kepala Desa, kualitas sumber daya manusia yang kurang dari pihak aparatur Desa dan tenaga kerja yang kurang profesional. Berdasarkan temuan di lapangan upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Desa Pekon Pagar Bukit Induk dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di kantor Kepala Desa yaitu dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan menambah jumlah fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai di kantor Kepala Desa. Kata kunci : Tinjauan, Siyasah Idariyah, Peran Pemerintahan Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:54
Last Modified: 27 Sep 2023 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30440

Actions (login required)

View Item View Item