PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DAN PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi di Desa Tumijaya Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur)

SITI, RARA AMIYATI (2023) PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DAN PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi di Desa Tumijaya Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pencak silat merupakan warisan budaya bangsa yang tumbuh dan berkembang di pengaruhi oleh nilai-nilai budaya dan nilai-nilai agama, dan lebih dari pada itu seni beladiri ini menjadi sebuah identitas masyarakat yang mengedepankan karakter budi pekerti luhur dan kepribadian yang kuat. Namun semakin berkembanganya ilmu pengetahuan dan modernisasi, telah banyak merubah presepsi masyarakat tentang kebudayaan dan tradisi, yang dianggap sudah tidak sejalan dengan keadaan masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk konsep ajaran dan penerapan prinsip-prinsip ajaran dalam organisasi pencak silat persaudaraan setia hati terate, serta mengetahui dampak penerapan prinsip-prinsip ajaran pada pembentukan perilaku keagamaan anggotanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian field research dan bersifat deskriptif kualitatif dimana penelitian ini membahas dan menggambarkan data yang ada secara nyata berupa kata-kata tertulis dan analisa mengenai perilaku yang diamati, melalui teknik pengumpulan data primer berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan konsep ajaran yang berdasarkan filosofi jawa yang unik dan bermakna, dan secara garis besar terangkum pada lima panca dasar persaudaraan setia hati terate atau disebut juga gangsal kang nyawiji (lima yang menyatu) yang meliputi persaudaraan, olahraga, beladiri, kesenian, dan ke-SH-an (kebatinan). Sedangkan strategi yang digunakan dalam organisasi persaudaraan setia hati terate dalam menerapkan prinsip-prinsip ajarannya yaitu terbagi menjadi 4 tahapan pembelajaran sesuai dengan tingkatan ilmu atau tingakatan sabuk, yaitu sabuk plos, sabuk jambon, sabuk hijau, dan sabuk putih. Dampak dari penerapan prinsip-prinsip ajaran yang diterapkan pada anggota organisasi persaudaraan setia hati terate sedikit banyak juga berpengaruh pada pembentukan perilaku keagamaan para anggotanya, dan berikut ini bentuk-bentuk perilaku keagamaannya, antara lain; ibadah sehari-hari, akhlak terpuji, solidaritas sosial, dan kepedulian sosial. Kata kunci : Pencak Silat, Persaudaraan Setia Hati Terate, Perilaku Keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:40
Last Modified: 27 Sep 2023 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item View Item