HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU PROSOSIAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DIMEDIASI OLEH EMPATI : STUDI PADA SD INKLUSIF

Ria, Lorenza (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU PROSOSIAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DIMEDIASI OLEH EMPATI : STUDI PADA SD INKLUSIF. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I DAN BAB V.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIA ROLENZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Perilaku Prososial Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dimediasi Oleh Empati : Studi Pada SD Inklusif Oleh : Ria Lorenza Perilaku prososial siswa dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial seperti dukungan orang tua, guru dan teman sebaya juga empati yang dimiliki oleh siswa. Dukungan teman sebaya dan empati dapat meningkatkan perilaku prososial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus (ABK) di SD inklusif. Tujuan penelitian mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan perilaku prososial (jalur c’), hubungan teman sebaya dengan empati (jalur a), hubungan empati dengan perilaku prososial (jalur b) dan mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan perilaku prososial dimediasi oleh empati terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) pada siswa SD inklusif (jalur c). Penelitian ini tergolong jenis kunatitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, total 100 subjek siswa reguler yang berada di daerah Lampung yang terdiri dari kelas IV dan V. Metode pengumpulan data meliputi skala perilaku prososial sebanyak 14 aitem (α= 0.929), skala dukungan sosial teman sebaya sebanyak 14 aitem (α= 0.907) dan skala empati sebanyak 15 aitem (α= 0.877). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analsis regresi mediasi Hayes dibantu SPSS 25 for windows. Hasil data analisis jalur c’ mendapatkan nilai r = 0.216 p = 0.020 p<0.05, artinya ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan perilaku prososial. Analisis jalur a mendapatkan nilai r = 0.223 p= 0.001 p<0.05 artinya, ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan empati. Analisis jalur b mendapatkan nilai r = 0.247 p=0.020 p<0.05 artinya, ada hubungan empati dengan perilaku prososial. Hasil analisis jalur c mendapatkan nilai r =0.551 dengan nilai p = 0.018 dimana p<0.05. Hal ini menandakan bahwa empati hanya memediasi sebagian (secara parsial ) dari hubungan dukungan sosial teman sebaya dan perilaku prososial terhadap siswa berkebutuhan khusus (ABK) di SD inklusif. Kata Kunci : Perilaku Prososial, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Empati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:25
Last Modified: 27 Sep 2023 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30433

Actions (login required)

View Item View Item