EFEKTIVITAS METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA DINI DI RA AL�FATAH KOTA MULYA SEMENDAWAI TIMUR OKU TIM

MERISA, DWI JAYANTI (2023) EFEKTIVITAS METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA DINI DI RA AL�FATAH KOTA MULYA SEMENDAWAI TIMUR OKU TIM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MERISA DWI JAYANTI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dari banyaknya metode belajar Al-Quran tak seluruhnya dapat diterapkan pada anak usia dini, namun terdapat beberapa juga yang cocok salah satunya adalah dengan menggunakan metode talaqqi. Metode talaqqi sendiri merupakan suatu metode yang digunakan guru dalam memperdengarkan bacaan Al-Quran kepada muridnya secara langsung. Dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan syarat dilakaukan dengan bertemu langsung secara tatap muka tanpa ada perantara alat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode talaqqi dalam menghafal surat-surat pendek bagi anak usia dini di RA Al-Fatah Kota Mulya Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan telah dilakukan sesuai dengan syarat dan tahapan-tahapannya. Dari hal tersebut akhirnya anak mampu mengikuti bacaan surat pendek dari guru, anak mampu melafalkan hafalannya secara mandiri, serta anak mampu mengetahui arti dari surat yang dihafalkannya. Dengan begitu menunjukkan bahwa metode talaqqi dapat efektif digunakan pada anak usia dini untuk kemampuan menghafal surat-surat pendek pada anak usia dini di RA Al-Fatah Kota Mulya. Kata kunci: Efektivitas, Anak Usia Dini, Menghafal, Surat�surat Pendek iv ABSTRAC Of the many methods for studying the Al-Quran, not all of them can be applied to young children, but there are some that are suitable, one of which is using the talaqqi method. The talaqqi method itself is a method used by teachers to listen to the reading of the Koran directly to their students. It can be done anywhere and anytime as long as it is done face to face without any intermediary tools. This research uses a descriptive qualitative method which aims to describe the effectiveness of the talaqqi method in memorizing short letters for young children at RA Al-Fatah Kota Mulya, East Semendawai, East OKU Regency. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation Based on the results of the research conducted, it is known that the entire series of activities has been carried out in accordance with the requirements and stages. From this, finally children are able to follow the reading of short letters from the teacher, children are able to recite their memorization independently, and children are able to know the meaning of the letters they memorize. Thus showing that the talaqqi method can be effectively used in early childhood for the ability to memorize short letters in early childhood in RA Al-Fatah Mulya City. Keywords: Effectiveness, Early Childhood, Memorizing, Short Letters

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:16
Last Modified: 27 Sep 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30431

Actions (login required)

View Item View Item