REHABILITASI PSIKOSOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA PENDERITA SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA ISLAM KLENDER JAKARTA TIMUR

Nurul, Cahyani (2023) REHABILITASI PSIKOSOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA PENDERITA SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA ISLAM KLENDER JAKARTA TIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1+5&Pustaka.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Rehabilitasi Psikososial dalam Meningkatkan Kemandirian pada Penderita Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Islam Klender Jakarta Timur Oleh Nurul Cahyani Pengetahuan kesehatan jiwa perlu dimiliki oleh semua orang, namun sebagian masyarakat Indonesia masih belum sadar tentang kesehatan jiwa. Salah satu gangguan jiwa paling berat adalah skizofrenia. Penderita skizofrenia juga cenderung mengalami penurunan minat komunikasi dan gangguan relasi personal, akibatnya penderita skizofrenia mengalami ketidakmampuan dalam menjalani hidupnya. Hal tersebut mempengaruhi kemandirian pada penderita skizofrenia. Penderita skizofrenia bisa kembali menjadi mandiri antara lain salah satunya dengan di rehabilitasi psikososial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian pada penderita skizofrenia selama mengikuti rehabilitasi psikososial. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus dan proses pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Proses dalam penelitian ini terdapat 3 subjek yang sesuai dengan karakteristik yang akan diteliti dan 3 significant others. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum masuk rehabilitasi psikososial, penderita skizofrenia harus memenuhi syarat dan ketentuan. Setelah sudah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut penderita skizofrenia dapat mengikuti rehabilitasi psikososial melalui 3 tahap yaitu tahap seleksi, tahap aktivitas, dan tahap mandiri. Dari tahap tersebut terdapat beberapa kegiatan yang dapat mereka jalanin.Subjek RM dan RH terdapat kemandirian yang meningkat sedangkan subjek N tidak ada perubahan dalam kemandiriannya disebabkan subjek N sudah masuk tahap mandiri sedangkan RM masih tahap seleksi dan RH masuk tahap aktivitas Kata Kunci : rehabilitasi psikososial, kemandirian, dan skizofrenia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:13
Last Modified: 27 Sep 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item View Item