MANAJEMEN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Savitra, Ajir Refaldy (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAVITRA AJIR REFALDY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peneliti tertarik meneliti di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dikarena manajemen pengembangan tenaga pendidik yang sudah baik hal ini bisa dilihat dari nilai akreditasi sekolah yang bagus yaitu akreditasi A dengan nilai rata-rata 94-100, maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana sistem pengembangan tenaga pendidiknya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan,proses pengembangan, dan evaluasi pengembangan tenaga pendidik yang ada di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data penelitian yaitu sumber data primer yang ditetapkan oleh peneliti adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Kepala Tata Usaha, dan Tenaga Pendidik.Adapun sumber data sekunder berupa bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku dan lainnya.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi,lalu Analisis yang penelitian gunakan yaitu reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan.Penelitian menggunakan uji keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian terbagi 3 tahapan yaitu:1) perencanaan pengembangan tenaga pendidik,diawali dari peningkatan kualifikasi bagi tenaga pendidik melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi,lalu pelatihan bagi tenaga pendidik melalui inservice training,workshop.Selanjutnya supervisi oleh kepala sekolah dan pengawas sebagai bentuk pembinaan terhadap kinerja tenaga pendidik.Lalu MGMP direncanakan dalam bentuk kegiatan rutin satu semester dan terakhir simposium kegiatannya dalam bentuk musyawarah.2) Proses pengembangan tenaga pendidik,mulai dari studi lanjut ini direncanakan bagi tenaga pendidik yang ingin melanjutkan studinya.Lalu inservice training tertuju kepada semua tenaga pendidik yang ada di sekolah yaitu sebanyak 37 tenaga pendidik dan 3 tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan. Selanjutnya kegiatan MGMP bagi tenaga pendidik yang terjadwal setiap satu semester kegiatan pelatihan dan pengembangan.Lalu organisasi profesi untuk semua tenaga pendidik dan yang terakhir sertifikasi ada 16 tenaga pendidik yang lulus sertifikasi.3) Evaluasi pengembangan tenaga pendidik, yaitu tenaga pendidik membuat laporan hasil kegiatan pelatihan baik lisan mau tertulis. Kata Kunci :Manajemen,Pengembangan,Tenaga Pendidik iii ABSTRACT Researchers are interested in researching at Muhammadiyah 1 Elementary School Bandar Lampung because of the good management of teaching staff development, this can be seen from the good school accreditation scores, namely A accreditation with an average score of 94-100, therefore researchers are interested in knowing how the development system works. teaching staff. The purpose of this study was to determine the planning, development process, and evaluation of the development of teaching staff in Muhammadiyah 1 Elementary School Bandar Lampung. The methodology in this study used descriptive qualitative research. The research data source was the primary data source determined by the researcher, namely school principals, vice curricula, administrative heads, and teaching staff. Secondary data sources were library materials, literature, previous research, books. and others. This research uses data collection techniques of interviews, observation, and documentation, then the analysis that research uses is data reduction, display, and drawing conclusions. The research uses data validity tests of source triangulation and technique triangulation. The results of the study were divided into 3 stages, namely: 1) planning for the development of teaching staff, starting with increasing the qualifications for teaching staff through a higher education level, then training for teaching staff through inservice training, workshops. Furthermore, supervision by school principals and supervisors as a form of coaching towards the performance of teaching staff. Then the MGMP is planned in the form of one semester routine activities and finally the symposium of activities is in the form of deliberations. 2) The process of developing teaching staff, starting from further studies is planned for educators who want to continue their studies. Then in-service training is aimed at all teaching staff There are 37 teaching staff and 3 education staff attending the training. Furthermore, MGMP activities for teaching staff are scheduled every one semester of training and development activities. Then professional organizations for all teaching staff and finally certification, there were 16 teaching staff who passed certification. 3) Evaluation of the development of teaching staff, namely teaching staff making reports on the results of training activities both orally and in writing. Keywords: Management, Development, Educator

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:08
Last Modified: 27 Sep 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30429

Actions (login required)

View Item View Item