PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM PRAJAMUDA DESA BANJAR NEGERI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

NUR, AZIZAH (2023) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM PRAJAMUDA DESA BANJAR NEGERI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL NUR AZIZAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini krisis moral yang menipa Indonesia sangat luar biasa, banyak ditemukan bahwa moral dan agama yang ada dimasyarakat khususnya anak usia dini mengalami penurunan dalam hal sikap, agama, dan tingkah laku. Hal ini juga didukung oleh pendapat mufaroch bahwa moral bangsa Indonesia tidak baik-baik saja, ini ditemukan dari banyaknya anak yang tidak berkata sopan, anak selalu memaksakan keinginannya, dan bahkan ada yang mencoba melakukan bunuh diri agar keinginannya dituruti. Sebagai seorang guru harus cerdas secara intelektual, emosional dan sepiritual adalah sebagai penegasa bahwa guru berperan sebagai pembimbing, motivator, inspirator dan evaluator. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dalam mengembangkan moral anak usia dini di TK Islam Praja Muda desa Banjar Negeri, kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, dengan informan wawancara 2 guru berpengalaman. Kemudian data di analisis dengan langkah data reduction (reduksi darta), data display (penyajian data), conclusion drawing (verivikasi). Kemudian diuji keabsahan dengan teknik Tringulasi. Hasil kesimpulan penelitian menunjukan bahwa peran guru PAUD dalam penanaman moral anak usia dini di kelompok B1 TK Islam Prajamuda Desa Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan yaitu dari 44 siswa mengalami perkembangan moral (prilaku jujur, penolong, sopan, hormat, dan sportif), yang menunjukkan hasil bahwa anak tergolong berkembang sesuai harapan (BSH), dan berdasarkan hasil persentase data akhir perkembangan moral tersebut dijelaskan bahwa 3 siswa berada di indikator belum berkembang atau (BB), 6 siswa berada pada pencapaian indikator mulai berkembang atau (MB), 4 siswa yang berada pada indikator berkembang sesuai harapan atau (BSH), dan 1 siswa yang berada pada indikator berkembang sangat baik (BSB). Kata Kunci: Moral, Anak Usia Dini, Peran Guru iv ABSTRACT At this time the moral crisis that is befalling Indonesia is extraordinary, it is often found that morals and religion in society, especially early childhood, have decreased in terms of attitude, religion and behavior. This is also supported by Mufaroch's opinion that the morals of the Indonesian people are not good, this is found from the many children who are not polite, children always force their wishes, and some even try to commit suicide so that their wishes are obeyed. As a teacher, you must be intellectually, emotionally and spiritually intelligent, as an affirmation that the teacher acts as a guide, motivator, inspirer and evaluator. The purpose of this study was to analyze the teacher's role in developing the morale of early childhood in the Praja Muda Islamic Kindergarten in the village of Banjar Negeri, Natar sub-district, South Lampung regency. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques using observation, interviews and documentation, with interview informants 2 experienced teachers. Then the data were analyzed using data reduction, data display, conclusion drawing (verification) steps. Then tested the validity of the Tringulation technique. The results of the research conclusions show that the role of PAUD teachers in instilling early childhood morals in group B1 Prajamuda Islamic Kindergarten, Banjar Negeri Village, Natar District, South Lampung Regency, namely that of 44 students experienced moral development (honest, helpful, polite, respectful, and sportsmanlike behavior), which shows the results that the child is classified as developing according to expectations (BSH), and based on the results of the final percentage of moral development data it is explained that 3 students are in the undeveloped indicator or (BB), 6 students are in the achievement indicators starting to develop or (MB), 4 students who are on indicators of developing according to expectations or (BSH), and 1 student who is on a very good developing indicator (BSB). Keywords: Morale, Early Childhood, Teacher's Role

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:16
Last Modified: 27 Sep 2023 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item