MODERNISASI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG DESA NEGERI SAKTI KABUPATEN PESAWARAN 1974-2017

Indah, Parwati (2023) MODERNISASI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DINIYYAH PUTRI LAMPUNG DESA NEGERI SAKTI KABUPATEN PESAWARAN 1974-2017. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full indah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang modernisasi pendidikan Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung Kabupaten Pesawaran Desa Negeri Sakti tahun 1974-2017. Bagaimana terjadinya modernisasi pendidikan pada pondok pesantren Diniyyah Putri Lampung itu terjadi karena tuntutan zaman, yang dimana Diniyyah Putri Lampung diharuskan untuk melakukan modernisasi atau pembaharuan. Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung melakukan modernisasi atau pembaharuan dalam bentuk Kurikulum nya, dan metode Pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Yang meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Penelitian lapangan atau penelitian kualitatif. Pengumpulan data atau sumber dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi foto Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep modernisasi pondok pesantren, dan modernisasi pendidikan di pondok pesantren Diniyyah Putri Lampung. Dengan tujuan tersebut dapat menghasilkan kurikulum, dan pendidikan yang dilakukan di Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan nya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung merupakan pondok modern yang melakukan modernisasi. Hal ini dapat penulis temukan bahwa proses berdirinya pondok pesantren Diniyyah Putri Lampung merupakan perjuangan dari ibu Hj. Halimah Syukur yang merupakan lulusan dari Diniyyah Putri Padang Panjang dan termotivasi untuk mendirikan pondok pesantren khusus putri di Lampung, dengan motivasi tersebut untuk mengangkat derajat perempuan. Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung yang sudah diberlakukan selama ini adalah gabungan, yaitu gabungan dari Kurikulum Pondok Pesantren, kurikulum Kementerian Agama dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dari Dinas pendidikan yang telah menerapkan kurikulum 2013. Kata Kunci: Modernisasi, Kurikulum, dan Pendidikan. iii ABSTRACT The aim of this research is to explain the modernization of education at the Diniyyah Putri Lampung Islamic Boarding School, Pesawaran Regency, Negeri Sakti Village in 1974-2017. The modernization of education at the Diniyyah Putri Lampung Islamic boarding school occurred because of the demands of the times, where Diniyyah Putri Lampung was required to carry out modernization or renewal. Diniyyah Putri Lampung Islamic Boarding School carries out modernization or renewal in the form of its curriculum and learning methods. This research uses historical research methods. Which includes heuristics, source criticism, interpretation, and historiography. Field research or qualitative research. Data or sources were collected by means of observation, interviews and photo documentation at the Diniyyah Putri Lampung Islamic Boarding School. This research aims to understand the concept of modernization of Islamic boarding schools and modernization of education at the Diniyyah Putri Lampung Islamic boarding school. With this aim, curriculum and education can be produced at the Diniyyah Putri Lampung Islamic Boarding School to improve the quality of its educational institutions. The results of this research found that the Diniyyah Putri Lampung Islamic Boarding School is a modern boarding school that is modernizing. The author found that the process of establishing the Diniyyah Putri Lampung Islamic boarding school was the struggle of Mrs. Hj. Halimah Syukur is a graduate of Diniyyah Putri Padang Panjang and is motivated to establish an Islamic boarding school for girls in Lampung, with this motivation to raise the status of women. The Diniyyah Putri Lampung Islamic Boarding School which has been implemented so far is a combination, namely a combination of the Islamic Boarding School Curriculum, the Ministry of Religion curriculum and the education unit level curriculum (KTSP) from the Education Service which has implemented the 2013 curriculum. Keywords: Modernization, Curriculum, and Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:07
Last Modified: 27 Sep 2023 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item View Item