TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU NOMOR 3 TAHUN 2020 TENTANG RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DAERAH TAHUN 2020-2025 (Studi di Taman Tirta Asri Desa Sriwungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu)

RANA, LINDIANTI (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU NOMOR 3 TAHUN 2020 TENTANG RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DAERAH TAHUN 2020-2025 (Studi di Taman Tirta Asri Desa Sriwungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI RANA LINDIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Wisata yang mengedepankan alam, budaya, serta sesuatu yang unik dari suatu daerah tertentu sangat diminati. Salah satu paket tersebut adalah mengunjungi desa wisata. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah saat ini sedang gencar menggerakkan tumbuhnya ribuan desa wisata di seluruh Indonesia. Seperti hal nya di Taman Tirta Asri desa Sriwungu kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu, namun minimnya sarana dan prasarana penunjang, dirasakan belum sepenuhnya memberikan hasil yang optimal dan akses ke lokasi wisata yang kurang diperhatikan serta berdampak pada kurangnya jumlah pengunjung. Maka dari itu perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah. Rumusan masalah: 1). Bagaimana pelaksanaan peraturan daerah kabupaten Pringsewu nomor 3 tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah tahun 2020-2025 di taman Tirta Asri desa Sriwungu kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu 2). Bagaimana tinjauan fiqh siyasah tentang pelaksanaan peraturan daerah kabupaten Pringsewu nomor 3 tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah tahun 2020-2025 di taman Tirta Asri desa Sriwungu kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peraturan daerah kabupaten Pringsewu nomor 3 tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah tahun 2020-2025 di Taman Tirta Asri desa Sriwungu kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu, 2). untuk mengetahui pandangan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan peraturan daerah kabupaten Pringsewu nomor 3 tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah tahun 2020-2025 di Taman Tirta Asri desa Sriwungu kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif serta di analisa dengan metode deduktif, yang merupakan iii penarikan kesimpulan yang berawal dari pengetahuan yang bersifat umum kemudian ditarik suatu kesimpulan khusus. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan peraturan daerah tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah belum dilaksanakan secara maksimal karena masih terbatasnya sarana dan prasarana di taman tirta asri. Sedangkan dalam pandangan fiqh siyasah tanfidzziyah belum terlaksana secara maksimal, dimana pelaksanaan pembangunan masih ada yang belum dilaksanakan sesuai dengan peraturan daerah. Kata Kunci: Kepariwisataan, Peraturan Daerah, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:38
Last Modified: 27 Sep 2023 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30402

Actions (login required)

View Item View Item