PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOUNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJA IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI LAMPUNG SELATAN

SOLEHA , SITI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOUNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJA IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOUNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJA IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI LAMPUNG SELATAN Oleh SITI SOLEHA Latar belakang masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah Kurangnya variasi guru dalam menerapkan metode pembelajaran dikelas berpengaruh pada kurangnya partisipasi atau aktivitas belajar peserta didik sehingga pencapaian hasil belajar peserta didik banyak yang belum mencapai KKM 65. Kondisi di atas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan model Teams Games Tournament (TGT) karena model ini adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar, model ini juga menguji pemahaman peserta didik dengan suasana belajar yang menyenangkan, menyenangkan disini maksudnya suasana belajar sambil bermain (games). Rumusan masalah yang di ajukan adalah “Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV MI Nurul Islam 2 Karang Sari kecamatan Jati Agung Lampung Selatan tahun 2015/2016?” Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (PTK) dimana dalam penyampaian data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti yaitu siswa kelas IV MI Nurul Islam 2 Karang Sari. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes yang dilakukan peneliti menggunakan pre test (untuk melihat pengetahuan siswa mengenai materi yang akan di sampaikan dan untuk membagi siswa dalam bentuk kelompok) dan post test (Untuk melihat kemampuan siswa setelah peroses pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament ). Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada Siklus I dari 22 siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa atau 68,2% sedangkan yang tidak tuntas belajar sebanyak 7 siswa atau 31,8% Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dari 22 siswa hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 90,9%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 2 siswa atau 9,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dpat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Nurul Islam 2 Karang Sari. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:34
Last Modified: 02 Feb 2018 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3040

Actions (login required)

View Item View Item