PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN RBL (RESOURCE BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MATERI BIOLOGI KELAS X SMA (Studi Quasi Eksperimen di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Ristiana, Ima (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN RBL (RESOURCE BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MATERI BIOLOGI KELAS X SMA (Studi Quasi Eksperimen di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of MIX_SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum merupakan sumber belajar yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap meteri pelajaran, serta memberi kesempatan untuk menggunakan Keterampilan Proses Sains. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu Pendekatan RBL (Resource Based Learning) yaitu pendekatan dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMA Negeri 12 Bandar Lampung guru masih jarang melakukan kegiatan praktikum, karena pembelajarannya masih menggunakan pendekatan Teacher Center dan sumber belajar yang tersedia belum digunakan secara maksimal sehingga nilai psikomotorik peserta didik masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Pendekatan Pembelajaran RBL (Resource Based Learning) berpengaruh terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung materi Pencemaran Lingkungan tahun ajaran 2016/2017”? Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimen, dengan desain One Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas Eksperimen (X2) dan kelas Kontrol (X4). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan RBL terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas X materi pencemaran lingkungan tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data ialah dengan wawancara, Observasi, Catatan Lapangan dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil nilai KPS peserta didik setelah proses pembelajaran mengunakan RBL nilai rata-ratanya praktikum I 84,72 dan praktikum II 88,54 sedangkan tanpa pendekatan RBL (Resource Based Learning nilai rata-rata nya praktikum I 66,84 dan praktikum II 70,83. Uji-t Independent untuk nilai gabungan praktikum I dan praktikum II kelas eksperimen dan kontrol diperoleh sig.(2-tailed) < ½ α (0,05), dengan sig.0,00. Sesuai kriteria uji-t independent berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk uji regresi linear sederhana diperoleh R Square 0,889 artinya pendekatan Pembelajaran RBL berpengaruh sebesar 88% terhadap keterampilan proses sains Peserta Didik kelas X materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Pembelajaran RBL (Resource Based Learning) berpengaruh terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung materi Pencemaran Lingkungan tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci:Pendekatan Pembelajaran RBL (Resource Based Learning), Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ema fitriani
Date Deposited: 08 Mar 2017 04:29
Last Modified: 08 Mar 2017 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item