PELAKSANAAN MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

TRINARTI, Kusnawi (2023) PELAKSANAAN MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan yang telah terlaksana pendidikan dengan model segresi dimana memisahkan antara anak normal dan Anak Berkebutuhan Khusus. Hal ini menjadi kesenjangan karena adanya pembedaan sekolah. Oleh karena itu perlu adanya pendidikan yang dapat mengintegrasikan keduanya. Program Pendidikan tersebut adalah program pendidikan inklusi. Agar sekolah dapat melaksanakan pendidikan inklusi dengan baik, maka perlu adanya mananjemen yang mengatur. Program pendidikan inklusif merupakan sebuah program pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa inklusi (anak berkebutuhan khusus) untuk belajar bersama dengan anak-anak reguler (normal) di kelas yang sama dengan guru dan materi yang sama. Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pelaksanaan Manajemen Program Program Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung dimaksudkan untuk menjawab bagaimana 1. Perencanaan program pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung 2. pengorganisasian program pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung 3) pelaksanaan program pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung 4) pengawasan dan evaluasi program pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber informasi diambil dari kepala sekolah, Koordinator pendidikan inklusi, dan Guru pendamping Khusus. Teknik pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menemukan bahwa:1) Perencanaan program pendidikan inklusi dilakukan dengan perencanaan peserta didik, kurikulum dan tenaga pendidik. sarana prasarana, dan pembiayaan. 2) Pengorganisaisan program pendidkan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung dengan melakukan pembagian tugas, ada seseorang yang ditunjuk sebagai penanggung jawab pelaksanaan pendidikan inklusi, dibantu guru kelas, guru mata pelajaran dan guru pendamping; 3) Pelaksanaan sekolah inklusi menggunakan kurikulum K-13 modifikasi dan model pembelajarannya menggunakan Two Teachers yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh dua orang guru. Kurikulum dan model pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan iv kebutuhan dan karakteristik setiap individu. Setiap siswa mempunyai keragaman dan kelainan secara fisik, intelektual, sosial dan emosionalnya; 4) Pengawasan program pendidikan inklusi SMP Negeri 14 Bandar Lampung dilakukan setiap tiga bulan sekali. Monitoring ini dilakukan juga dengan pembagian hasil evaluasi peserta didik berkebutuhan khusus yang akan disampaikan pada wali peserta didik. Selain itu, setiap bulan diadakan rapat bulan sebagai salah satu jalan pengarahan dan pengendalian. Kata Kunci : program pendidikan inklusi, pelaksanaan manajemen v ABSTRACT The background of this research is that education has been carried out using a segression model which separates normal children from children with special needs. This becomes a gap because of the difference in schools. Therefore there is a need for education that can integrate the two. The education program is an inclusive education program. In order for schools to carry out inclusive education properly, it is necessary to have management that regulates it. The inclusive education program is an educational program that provides opportunities for inclusive students (children with special needs) to study together with regular (normal) children in the same class with the same teacher and material. This research aims to find out about the Implementation of the Program Management of the Inclusive Education Program at Public Junior High School 14 Bandar Lampung. Bandar Lampung 3) implementing the inclusive education program at Public Junior High School 14 Bandar Lampung 4) monitoring and evaluating the inclusive education program at Public Junior High School 14 Bandar Lampung. The type of research used is descriptive qualitative with information sources taken from school principals, inclusive education coordinators, and special accompanying teachers. Data collection techniques were taken from interviews, observation and documentation. Data analysis procedures consist of data reduction, data presentation and data verification. Data validity test was carried out by source triangulation. he results of the study found that: 1) Inclusive education program planning is carried out by planning students, curriculum and teaching staff. infrastructure, and financing. 2) Organizing the inclusive education program at Public Junior High School 14 Bandar Lampung by dividing the tasks, there is someone who is appointed as the person in charge of implementing inclusive education, assisted by class teachers, subject teachers and accompanying teachers; 3) The implementation of inclusive schools uses the modified Two Thousand and Thirteen Curriculum curriculum and the learning model uses Two Teachers, namely learning carried out by two teachers. The curriculum and learning model used are tailored to the needs and characteristics of each individual. Every student has diversity and abnormalities physically, intellectually, socially and emotionally; 4) Supervision of the inclusive education program at SMP Negeri 14 Bandar Lampung is carried out once vi every three months. This monitoring is also carried out by sharing the evaluation results of students with special needs which will be conveyed to the guardians of students. In addition, every month a monthly meeting is held as a way of directing and controlling. Keywords: inclusive education program, management implementation vii خالصة برنامج ( ا للطالب اجلامعني )األطفال ذوي االحتياجات اخلاصة ً التعليم الشامل ىو برنامج تعليمي يوفر فرص للدراسة مع األطفال العاديني )العاديني( يف نفس الفصل مع نفس املعلم واملواد. يهدف ىذا البحث إىل (3 بندر المبونج 44 معرفة كيفية تنفيذ إدارة برنامج املدرسة الشاملة يف املدرسة الثانوية العامة. املدرسة ( مراقبة وتقييم مدارس الدمج يف 4 بندر المبونج 44تنفيذ املدارس الشاملة يف املدرسة الثانوية العامة 44املدرسة اإلعدادية العامة ا مع مصادر ً ا وصفي ً بندر المبونج. يعترب نوع البحث املستخدم نوعي املعلومات املأخوذة من مديري املدارس ومنسقي التعليم اجلامع واملعلمني املرافقني اخلاصني. مت أخذ تقنيات مجع البيانات من املقابالت واملالحظة والتوثيق. تتكون إجراءات حتليل البيانات من تقليل البيانات وعرض البيانات والتحقق منها. مت اختبار صحة البيانات من خالل تثليث املصدر وتقنية التثليث. ووجدت ( يتم التخطيط الشامل للمدارس من خالل ختطيط الطالب واملناىج وىيئة التدريس. 4 نتائج الدراسة ما يلي: بندر المبونج من خالل 44 )تنظيم مدرسة شاملة يف املدرسة الثانوية العامة 2البنية التحتية والتمويل. تقسيم املهام ، ىناك شخص يتم تعيينو كمسؤول عن تنفيذ التعليم الشامل ، مبساعدة معلمي الفصل ومعلمي 3املادة واملعلمني املرافقني ؛ من رياض األطفال حىت ً ا معدال ً ( يستخدم تطبيق املدارس الشاملة منهج الصف الثالث عشر ويستخدم منوذج التعلم اثنني من املعلمني ، ومها التعلم الذي يقوم بو اثنان من املعلمني. مت تصميم املناىج الدراسية ومنوذج ا الحتياجات وخصائص كل فرد. لكل طالب تنوع ً التعلم املستخدم وفق ( يتم اإلشراف على املدارس الشاملة يف املدرسة الثانوية 4وتشوىات جسدية وفكرية واجتماعية وعاطفية. 44العامة ا من خالل مشاركة نتائج ً بندر المبونج مرة واحدة كل ثالثة أشهر. يتم تنفيذ ىذه املراقبة أيض تقييم الطالب ذوي االحتياجات اخلاصة واليت سيتم نقلها إىل أولياء أمور الطالب. باإلضافة إىل ذلك ، يتم .عقد اجتماع شهري كل شهر كوسيلة للتوجيو والتحكم الكلمات المفتاحية: المدرسة الدامجة ، البرنامج ، تنفيذ اإلدارة

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:02
Last Modified: 26 Sep 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30390

Actions (login required)

View Item View Item