KONSEP FITRAH DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Anggraeni, Melly (2018) KONSEP FITRAH DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (68MB)

Abstract

Konsep fitrah dalam Islam adalah mempercayai bahwa secara alamiah manusia itu positif (baik), baik dalam hal jasmaniyah maupun ruhaniah. Menurut Zakiyah Darajat yang memandang fitrah sebagai wadah dan bentuk yang dapat diisi dengan berbagai kecakapan dan keterampilan yang dapat berkembang sesuai dengan kedudukan dan tanggung jawab selaku hamba dan khalifah di muka bumi. Berkembang atau tidaknya fitrah manusia tergantung pada dua faktor, yaitu usaha manusia itu sendiri dan hidayah dari Allah SWT. Penelitian ini bertujuan sebagaimana dalam pokok-pokok permasalahan skripsi, yaitu: untuk mengetahui konsep fitrah dalam Islam ? Dan untuk mengetahui keterkaitan antar konsep fitrah dengan Pendidikan Islam ? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif dengan cara menelusuri dan menelaah bahan berupa data dan literatur-literatur yang berhubungan dengan Konsep Fitrah dan Relevansinya Dalam pendidikan Islam, dan penulis juga menggunakan sumber dari data-data melalui internet. Hasil pada penelitian ini menunjukan : 1) Bahwasannya fitrah Menurut Zakiyah Darajat yang memandang fitrah sebagai wadah dan bentuk yang dapat diisi dengan berbagai kecakapan dan keterampilan yang dapat berkembang sesuai dengan kedudukan dan tanggung jawab selaku hamba dan khalifah di muka bumi. Berkembang atau tidaknya fitrah manusia tergantung pada dua faktor, yaitu usaha manusia itu sendiri dan hidayah dari Allahp SWT. 2) Fitrah yang Allah anugerahkan kepada manusia terdiri dari potensi jasmani dan ruhani yang terdiri dari akal, ruh dan kalbu. 3) Pendidikan Islam menurut Dr. Muhammad Fadil Al-Djamaly, Pendidikan Islam adalah proses yang mengarahkan manusia kepada kehidupan yang baik dan yang mengangkat derajat kemanusiaannya sesuai dengan kemampuan dasar (fitrah) dan kemampuan ajarannya (pengaruh dari luar). 4) Pendidikan merupakan sarana (alat) yang menentukan sampai dimana tiitk optimal kemampuan-kemampuan tersebut dapat tercapai. 7) Pengembangan fitrah dalam pendidikan Islam selayaknya dilakukan dengan menjalankan aktivitas pembelajaran dengan melihat anak didik sebagai suatu pribadi yang utuh dan mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang berangkat dari potensi yang ia miliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2018 04:06
Last Modified: 18 Jan 2018 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item