STRATEGI KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENERAPKAN PENANAMAN NILAI-NILAI IBADAH (Studi Kasus pada SMALB PKK Negeri Provinsi Lampung, Bandar Lampung)

Rafi, Ridho Lukmana (2023) STRATEGI KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENERAPKAN PENANAMAN NILAI-NILAI IBADAH (Studi Kasus pada SMALB PKK Negeri Provinsi Lampung, Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RAFI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mencari tahu bagaimana strategi komunikasi yang merupakan suatu kebiasaan yang terus diulang dan akan selalu berulang, tentunya dengan maksud agar komunikasi tersebut bisa tersampaikan dengan baik kepada komunikan. Kebanyakan orang berkomunikasi dengan menggunakan pola dan bahasa verbal, akan tetapi bagaimana jika komunikan dan komunikator memiliki latar belakang Tunarungu? Tentu saja bahasa yang dipakai merupakan bahasa Non Verbal. Begitu juga Penanaman nilai-nilai ibadah sangat penting bagi bangsa Indonesia termasuk pendidikan agama Islam itu sendiri. Peserta didik harus memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan agama yang dianutnya. Dengan tercapainya komunikasi non verbal yang baik antara peserta didik dan guru, sudah dapat dipastikan bahwa setiap peserta didik memiliki akhlak dan pengajaran yang baik sesuai dengan ajaran agama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, peserta didik, dan wali murid. Teknik analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai ibadah dalam Pendidikan SMALB PKK Negeri Provinsi Lampung dilaksanakan melalui beberapa metode yaitu, melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat dan memberi perhatian. Metode di aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah maupun di rumah dengan dampingan wali murid. Semua kegiatan tersebut masuk dalam nilai religius, baik nilai ibadah, nilai akhlak, nilai keteladanan, nilai amanah dan ikhlas. Dan dikatakan berhasil karena peserta didik sudah menunjukkan nilai-nilai tersebut. Kata kunci : Strategi Komunikasi Non Verbal dalam Menerapkan Penanaman Nilai-nilai Ibadah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:33
Last Modified: 26 Sep 2023 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30378

Actions (login required)

View Item View Item