PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI 1 WAY KANAN

MIFTAH, ANNISA ANGGRAENI (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI 1 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIFTAH ANNISA ANGGRAENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru merupakan hal yang sangat penting untuk mensukseskan tujuan lembaga pendidikan, kepala madrasah adalah orang yang ditunjuk oleh bawahannya untuk memimpin madrasah, melaksanakan proses belajar mengajar di madrasah guna memenuhi kebutuhannya. tugas. Madrasah bertanggung jawab atas kualitas sumber daya manusia yang tersedia. Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru harus mampu mendorong bawahannya untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar yang efektif, kepala madrasah perlu mempengaruhi guru untuk melaksanakan tugasnya secara profesional karena guru merupakan kunci utama peningkatan prestasi siswa saat guru berinteraksi langsung dengan siswa, memberikan ilmu dan mengajarkan nilai-nilai positif. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keberhasilan siswa bergantung pada kinerja guru yang terbaik. Atas dasar itu, maka tujuan penelitian penulis adalah untuk mengetahui “Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 1 Way Kanan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, wakil kepala kesiswan dan 2 guru. Sedangkan objek penelitian ini Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis paradigma kualitatif yang cenderung bersifat deduktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru sudah melaksanakan, yaitu Penataan lingkungan fisik agar nyaman dan tenang sesuai dengan kondisi madrasah, Menciptakan hubungan interpersonal yang harmonis atau suasana kerja yang kondusif, Memberi teladan dan disiplin dalam bekerja, Mendengarkan dan menanggapi persoalan yang dihadapi guru dan warga madrasah, Memberikan penghargaan bagi guru dan warga madrasah yang berprestasi, Menyediakan sumber atau media pembelajaran sesuai kebutuhan. Kata Kunci : Kepala Madrasah, Motivasi, Kinerja Guru iii ABSTRACT The role of the Madrasah Principal as a Motivator in Improving Teacher Performance is very important for the success of the goals of educational institutions, the madrasah head is a person appointed by his subordinates to lead the madrasa, carry out the teaching and learning process in the madrasa to meet their needs. task. Madrasas are responsible for the quality of available human resources. The Role of the Madrasa Head as a Motivator in Improving Performance Teachers must be able to encourage their subordinates to create effective learning situations and conditions, madrasa heads need to influence teachers to carry out their duties professionally because teachers are the main key to increasing student achievement when teachers interact directly with students, provide knowledge and teach positive values. Therefore, it can be said that student success depends on the best teacher performance. On that basis, the author's research objective is to find out "What is the Role of the Madrasa Head as a Motivator in Improving Teacher Performance at MTsN 1 Way Kanan". This study uses a descriptive qualitative approach. With research subjects the head of the madrasah, deputy head of curriculum, deputy student affairs and 2 teachers. While the object of this research is the Role of the Madrasa Head as a Motivator in Improving Teacher Performance. Data collection techniques used in this study are observation, interviews and documentation. Researchers use a qualitative paradigm analysis that tends to be deductive. The results of this study indicate that the role of the Madrasa Head as a Motivator in Improving Teacher Performance has been quite good so far, namely: Structuring the physical environment so that it is comfortable and calm according to the conditions of the madrasa, Creating harmonious interpersonal relationships or a conducive working atmosphere, Setting an example and discipline at work, Listening and responding to problems faced by teachers and madrasa residents, 5). Give awards to teachers and madrasa residents who excel, Provide learning resources or media as needed. Keywords: Head of Madrasah, Motivation, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:58
Last Modified: 25 Sep 2023 08:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30371

Actions (login required)

View Item View Item