PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

VENI, ZELA MERLINDA (2023) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VENI ZELA MERLINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA Oleh: Veni Zela Merlinda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh metode inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara . adapun variabel dalam penelitian ini yaitu metode Inquiry (X) dan hasil belajar (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperimen dan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 321 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang di ambil sebanyak 63 orang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan Uji t-test (uji parametric paired samples t-test) kemudian selanjutnya menggunakan bantuan penggunaan aplikasi spss. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan Shapiro Wilk untuk mengetahui apakah data yang diperoleh berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui apakah data bersifat homogen atau tidak. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh metode inquiry terhadap hasil belajar peserta didik. Dari uji pra-syarat selanjutnya menggunakan uji t yang mencakup pengujian kesamaan dan rata-rata. dari hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan metode Inquiry yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal itu terbukti dari deskripsi data pretest ketika belum diterapkannya metode inquiry di kelas eksperimen mendapatkan hasil mean = 42,58 dan kelas kontrol = 52,50 . Namun setelah diberikan perlakuan,nilai posttest kelas eksperimen mencapai Mean = 74,52 dan kelas kontrol Mean = 69,69. iii Sedangkan hasil analisis data posttest dengan menggunakan statistic uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing�masing variabel. Syarat pengambilan keputusan : Nilai Signifikansi (2-tailed) < 0,05 menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing�masing variabel. Nilai Signifikansi (2-tailed) > 0,05 menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan akhir. Ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing�masing variabel. Dapat disimpulkan bahwa Nilai Signifikansi (2- tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Kata Kunci: pengaruh metode inquiry terhadap hasil belajar. iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE INQUIRY METHOD ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN PAI LESSONS CLASS VII AT SMP NEGERI 1 KOTABUMI NORTH LAMPUNG By: Veni Zela Merlinda This research aims to determine: the effect of the inquiry method on student learning outcomes in class VII PAI lessons at SMP Negeri 1 Kotabumi North Lampung. The variables in this research are the Inquiry method (X) and learning outcomes (Y). This research uses a quantitative research approach with a Quasi Experimental research type and a Non Equivalent Control Group research design. The population in this study was 321 students. The sampling technique used was purposive sampling with a total of 63 samples taken. Data collection used interview methods, tests and documentation of data analysis techniques used to test the hypothesis, namely the t-test (parametric paired samples t-test) and then using the help of the SPSS application. The normality test was carried out using the Kolmogorov Smirnov and Shapiro Wilk tests to determine whether the data obtained was normally distributed or not. Then a homogeneity test is carried out to find out whether the data is homogeneous or not. This test was carried out to determine whether or not there was an influence of the inquiry method on student learning outcomes. From the pre-requisite test, the next test uses the t test which includes similarity and average testing. The research results show that PAI learning using the Inquiry method applied in experimental classes can significantly influence student learning outcomes. This is evident from the description of the pretest data when the inquiry method had not been implemented in the experimental class, getting a mean result = 42.58 and the control class = 52.50. However, after being given treatment, the posttest score for the experimental class reached Mean = 74.52 and for the control class Mean = 69.69. Meanwhile, the results of posttest data analysis using t-test statistics obtained a value of Sig (2-tailed) = 0.000 < 0.05, indicating that there was a significant difference between the initial variable and the final variable. This shows that there is a significant influence on the differences in treatment given to each variable. Decision making requirements: Significance value (2-tailed) < 0.05 indicates that there is a significant difference between the initial and v final variables. This shows that there is a significant influence on the differences in treatment given to each variable. Significance value (2- tailed) > 0.05 indicates that there is no significant difference between the initial and final variables. This shows that there is no significant influence on the differences in treatment given to each variable. It can be concluded that the significance value (2-tailed) 0.000 < 0.05 indicates that there is a significant difference between the initial variable and the final variable. This shows that there is a significant influence on the differences in treatment given to each variable. Keywords: the influence of the inquiry method on learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:41
Last Modified: 25 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30362

Actions (login required)

View Item View Item