KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN 7 BANDAR LAMPUNG

M. Aditiya, Imansyah (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL M. ADITIYA MANSYAH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK iii Kepemimpinan kepala madrasah adalah kepemimpinan yang memfokuskan pada peningkatan kualitas kinerja guru di madrasah. Permasalahan Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 7 Bandar Lampung ini sudah cukup baik akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dialami oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dalam hal Menggerakkan, Mengarahkan, Memotivasi dan Memberdayakan. Jadi permasalahan penelitian ini bagaimana proses kepemimpinan kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di MIN 7 Bandar Lampung yaitu dalam hal Menggerakan, Mengarahkan. Memotivasi dan Memberdayakan.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di MIN 7 Bandar Lampung Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pegumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyakian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi sumber . Sumber data dalam penelitian ini diantaranya kepala madrasah, waka sarana prasarana dan guru. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 7 Bandar Lampung. (Menggerakan) dimulai dengan membangun potensi kinerja guru agar mau bekerja sama secara produktif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, dilihat dari pembuatan RPP, RKH, dan silabus. Selanjutnya (Mengarahkan) dilakukan dengan memberikan bimbingan terhadap kinerja guru dalam membahas tentang kurikulum k13, serta mendatangkan pelatihan dari luar supaya guru ini terarah dalam mengajarnya. Tidak lepas dari kurikulum, tidak lepas dari kaidah dan norma yang telah ditetapkan. Dan untuk saat ini MIN 7 Bandar Lampung masih menggunakan kurikulum Merdeka. (Memotivasi) Dilakukan dengan memberikan motivasi disetiap upacara hari senin dan setiap ada rapat satu bulan sekali dan diadakan suvervisi berkala 3 bulan 1 kali dan kunjungan kelas setiap hari, yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru, motivasi ini untuk guru dalam hal mengajar yang baik, dan membimbing anak dalam kelas. (Memberdayakan) dilakukan dengan cara memberikan contoh kerja kepada guru agar bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku dengan semangat sehingga tercapailah tujuan yang diinginkan. Lalu guru mengajar sesuai surat kerja dan surat tugas berdasarkan Job discription dan Tupoksi latar belakang pendidikan masing-masing. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru ABSTRAK iv Madrasah head leadership is leadership that focuses on improving the quality of teacher performance in madrasas. The problem of the leadership of the madrasa head in improving teacher performance at MIN 7 Bandar Lampung is quite good, but there are still some obstacles experienced by the madrasa head in improving teacher performance in terms of Mobilizing, Directing, Motivating and Empowering. So the problem of this research is what is the process of leadership of the madrasa head in an effort to improve teacher performance at MIN 7 Bandar Lampung, namely in terms of Mobilizing, Directing. Motivating and Empowering. The purpose of this study is to describe the leadership of the madrasa head in an effort to improve teacher performance at MIN 7 Bandar Lampung his type of research uses a descriptive qualitative approach, using data collection techniques in this study are observation interviews and documentation. The data analysis techniques are data reduction, data presentation, conclusion drawing and source triangulation. Sources of data in this study included the head of the madrasa, deputy head of infrastructure and teachers Based on the results of the study, it shows that the Madrasah Principal's Leadership in improving teacher performance at MIN 7 Bandar Lampung. (Moving) begins with building the performance potential of teachers so that they want to work together productively to achieve predetermined goals, seen from the preparation of lesson plans, RKH, and syllabus. Furthermore (Directing) is carried out by providing guidance on teacher performance in discussing the K13 curriculum, as well as bringing in training from outside so that this teacher is focused in teaching. Not separated from the curriculum, not separated from the rules and norms that have been set. And for now MIN 7 Bandar Lampung still uses the Merdeka curriculum. (Motivating) Done by providing motivation in every Monday ceremony and every meeting once a month and periodic supervision is held once every 3 months and class visits every day, which is carried out by the principal of the madrasa to improve teacher performance, this motivation is for teachers in terms of teaching well , and guiding children in class. (Empowering) is done by providing work examples for teachers to work in accordance with applicable regulations with enthusiasm so that the desired goals are achieved. Then the teacher teaches according to the work letter and assignment letter based on the job description and main duties of each educational background. Keywords: Madrasah head leadership, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:12
Last Modified: 25 Sep 2023 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30354

Actions (login required)

View Item View Item