PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PRILAKU KECANDUAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DISEKOLAH PADA PESERTA DIDIK DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

NOVA, PURWATI (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PRILAKU KECANDUAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DISEKOLAH PADA PESERTA DIDIK DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVA PURWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prilaku kecanduan media sosial tiktok disekolah pada peserta didik di MAN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2021 / 2022 ini dilatar belakangi oleh sering munculnya permasalahan kecanduan media sosial tiktok pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin mengamati pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prilaku kecanduan media sosial tiktok disekolah pada peserta didik di MAN 2 Bandar Lampung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prilaku kecanduan media sosial tiktok disekolah pada peserta didik di MAN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre�eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prilaku kecanduan media sosial tiktok disekolah pada peserta didik di MAN 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan kecanduan media sosial tiktok. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan tehnik self management dalam mereduksi kecanduan media sosial tiktok pada peserta didik kelas XI MAN 2 Bandar Lampung berpengaruh dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dikalukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 925 dengan skor rata-rata sebesar 115,6. Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management, peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 537 dengan skor rata-rata 67,2. Hasil uji menggunakan uji wilcoxon didapatkan Zhitung dari sampel yang diambil di kelas XI sebesar - 2.524.Kemudian dilanjutkan iii dengan melakukan observasi untuk melihat kembali kecanduan media sosial tiktok pada peserta didik tersebut saat di dalam kelas maupun saat diluar kelasnya yang terlihat sudah menunjukkan perubahan positif sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management berpengaruh positif terhadap kecanduan media sosial tiktok peserta didik. Kata Kunci : Self Management, Konseling Kelompok, Kecanduan media sosial tiktok iv ABSTRACT Research on the effect of group counseling with self�management techniques in reducing TikTok social media addiction behavior at school among students at MAN 2 Bandar Lampung for the 2021/2022 academic year is motivated by the frequent emergence of TikTok social media addiction problems among students. Therefore, researchers want to observe the effect of group counseling with self�management techniques in reducing TikTok social media addiction behavior at school among students at MAN 2 Bandar Lampung. The aim of this research is to determine the effect of group counseling using self-management techniques in reducing TikTok TikTok social media addiction behavior at school. to students at MAN 2 Bandar Lampung. This research uses data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach to this research is a quantitative approach with a pre-experiment research design, one group pretest-posttest design. This research focuses on the effect of group counseling with self-management techniques in reducing addictive behavior on TikTok social media at school among students at MAN 2 Bandar Lampung. The sample in this study was class XI students, totaling 8 students who had social media addiction problems, TikTok. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the research results, it shows that the implementation of group counseling services with self-management techniques in reducing addiction to social media TikTok in class XI MAN 2 Bandar Lampung students has an effect and changes for the better in students. This has been proven by the results of the pretest and posttest which were carried out before and after providing services based on data analysis using the Wilcoxon Test. And the results of the pretest using an instrument in the form of a questionnaire, students got a score of 925 with an average score of 115.6. Then, after receiving group counseling services using self-management techniques, students were given a posttest using the same instrument, namely a questionnaire, and received a score of 537 with an average score of 67.2. The test results using the Wilcoxon test obtained Zcount from samples taken in class This research can be concluded that group counseling services v using self-management techniques have a positive effect on students' TikTok social media addiction. Keywords : Self Management, Group Counseling, TikTok social media addiction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:45
Last Modified: 25 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30351

Actions (login required)

View Item View Item