PENGARUH PENERAPAN KONSELING KOGNITIF-PRILAKU TERHADAP PENURUNAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG T.P 2017-2018

Hidayati, Luluk (2018) PENGARUH PENERAPAN KONSELING KOGNITIF-PRILAKU TERHADAP PENURUNAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG T.P 2017-2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (42MB)

Abstract

Prokrastinasi akademik yang diterjadi pada peserta didik semakin hari semakin meningkat. Hal ini terjadi dikarekan tingkat kejenuhan peserta didik dalam belajar, sehingga kecenderungan mereka menunda proses belajar mereka. Jika hal ini terus berlanjut, maka tidak dipungkiri prestasi akademik peserta didik pun akan menurun. Dengan demikian diperlukan metode yang tepat sebagai usaha dalam menurunkan tingkat prokrastinasi akademik. Konseling kognitif perilaku merupakan pendekatan yang menekankan pada pola berpikir dengan perilaku yang dimunculkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kognitif perilaku dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Pre Experimental Design yaitu One-grup Pre-test and posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 17 peserta didik yang teridentifikasi memiliki prokrastinasi akademik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan membagikan instrumen penelitian menggunakan angket prokrastinasi akademik. Berdasarkan teknik analisis data menggunakan t-test paired sampel didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan perubahan skor bahwa t adalah 18,603, mean difference adalah 24,94118, 95% confidence interval of the diference, lower: 22,09894. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel 0,05 =1,746 pada derajat kebebasan df= 16, maka ketentuan thitung ≥ ttabel (18,603 ≥ 1,746), nilai sig.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritis 0,005 (0,000 ≤ 0,005). Hal ini menunjukkan Ho ditolak secara signifikan dan Ha diterima, dengan demikian konseling koginitif perilaku berpengaruh terhadap penurunan perilaku prokrastinasi peserta didik. Dilihat dari ketentuan thitung ≥ ttabel, hasil perhitungan lebih besar thitung ˃ ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kognitif perilaku berpengaruh terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII di SMP Gajah Mada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:55
Last Modified: 18 Jan 2018 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item