MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK PADA ANAK DI RA CENDIKIA AL-MADANI KABUPATEN PESISIR BARAT

HARUN, SANTOSO (2023) MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK PADA ANAK DI RA CENDIKIA AL-MADANI KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SEKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SEKRIPSI HARUN SANTOSO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen Pembinaan Akhlak Pada Anak Di RA Cendekia Al-Madani Kabupaten Pesisir Barat Oleh: Harun Santoso Agama Islam menempatkan akhlak pada posisi yang sangat penting. Akhlak merupakan ajaran yang membina mental dan jiwa manusia untuk mencapai hakikat kemanusian yang tinggi. Untuk menunjukan pentingnya akhlak bagi kehidupan manusia, Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW dan menjadikanya suri tauladan yang baik bagi umat manusia. Krisis akhlak saat ini disebabkan oleh tidak efektifnya pendidikan nilai dalam arti luas (di rumah,di sekolah,di luar rumah dan sekolah).Oleh karena perlu diterapkan sebuah pembinaan akhlak terhadap anak berdasarkan latar belakang diatas. Maka dalam pembinaan ini diperlukan manajemen yang mana berguna untuk mengatur, mengelola pembinaan itu agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Manajemen Pembinaan Akhlak Pada Anak di RA Cendekia Al-Madani Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Implementasi Manajemen Pembinaan Akhlak Pada Anak Di RA Cendekia Al�Madani Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembinaan akhlak melibatkan sejumlah langkah yang terstruktur. Pertama, proses perencanaan dimulai dengan kerjasama antara Pimpinan Yayasan dan para dewan guru untuk merancang program kegiatan, metode pembelajaran, tujuan khusus, dan materi pokok. Selanjutnya, pengorganisasian mencakup segala aspek, dari awal masuk kelas hingga kegiatan harian dan semester. Peran penting dewan guru adalah mengawasi pembinaan akhlak dan tingkah laku anak didik selama pelaksanaan. Setelah tahap pelaksanaan, proses terakhir adalah evaluasi. Evaluasi ini mencakup penilaian keseluruhan terhadap program dan metode pembinaan yang telah dilakukan. Para guru akan melakukan iii koreksi terhadap hal-hal yang terjadi selama kegiatan pembinaan untuk memastikan perencanaan berikutnya berjalan dengan baik. Dengan demikian, proses pembinaan akhlak adalah sebuah siklus yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mencapai tujuan pembinaan akhlak yang efektif. Kata kunci : Manajemen, Pembinaan, Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:54
Last Modified: 22 Sep 2023 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30344

Actions (login required)

View Item View Item