EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DEWI, RAHMAWATI (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Konsep diri sangat penting bagi kehidupan seseorang karena dengan adanya konsep diri maka seseorang dapat mengontrol prilakunya dan dapat mengetahui mana yang baik dan buruk baginya. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner konsep diri yang peneliti lakukan disekolah didapatkan peserta didik yang belum memenuhi kriteria konsep diri positif. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training pada peserta didik yang belum memenuhi kriteria konsep diri positif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan konsep diri positif pada peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental designs dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung yang masuk dalam kriteria konsepdiri negatif. Kemudian didapatkan 12 sampel dengan menggunakan teknik pourpousive sampling untuk menangani peserta didik tersebut. Hasil rata-rata skor konsep diri sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training adalah 9.75dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training meningkat menjadi 14.50. Dari hasil uji-t dengan derajat kebebasan df = 11 dengan taraf signifikan α= 0,05 sebesar -12.775. karena thitung> dari ttabel (12.775>2.201), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan konsep diri positif pada peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan konseling diharapkan agar dapat memprogramkan dan melatih peserta didik dengan pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk mengatasi permasalahan peserta didik, terutama pada peserta didik yang memiliki konsepdirirendah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:52
Last Modified: 18 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item