ANALISIS BUTIR SOAL KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM)

TAMA, ARFANI MANDA (2018) ANALISIS BUTIR SOAL KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung disebabkan karena kurang memahami konsep dasar dari suatu materi ajar terutama dalam masalah kehidupan sehari-hari. Untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan Graded Response Models (GRM). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis butir soal kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan Graded Response Models (GRM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 6 orang dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis (essay) dan wawancara. Teknik analisis data yaitu menggunakan tes Graded Response Models (GRM), yang kemudian dipadu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori kemampuan tinggi secara umum dapat katakan bahwa peserta didik dapat menjelaskan maksud dari fungsi, mampu menjelaskan pengertian fungsi dan korespondensi satu-satu, mampu membedakan suatu fungsi, namun tidak dapat menentukan banyaknya fungsi yang mungkin terjadi. Peserta didik dengan kemampuan sedang secara umum dapat disimpulkan bahwa peserta didik mampu menjelaskan pengertian fungsi, mampu mendeskripsikan pengertian dari korespondensi satu-satu, namun subjek mengalami kesulitan menentukan banyaknya fungsi yang mungkin terjadi dan tidak dapat menyelesaikannya bahkan tidak memberikan jawaban apapun, serta hanya menggambar satu diagram panah, yang seharusnya empat dari banyaknya fungsi yang mungkin terjadi. Serta peserta didik berkemampuan rendah secara umum dapat disimpulkan bahwa peserta didik belum memahami konsep dan maksud dari fungsi, sehingga terlihat tidak dapat membedakan antara fungsi dan relasi, tidak dapat menentukan manakah yang merupakan korespondensi satu-satu, tidak dapat menggambar dan menentukan banyaknya fungsi yang akan terjadi serta tidak dapat menentukan nilai suatu fungsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:04
Last Modified: 17 Jan 2018 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item